BLANTERORBITv102

    Dukung Aksi Penurunan Stunting: Pimpinan Cabang Aisiyah Karang Bahagia, PDNA Kab. Bekasi, Majelis Kesehatan PDA Kab. Bekasi dan TK ABA 05 Kp. Pulo Gelar Edukasi Stunting

    Jumat, 22 Desember 2023

    Di hari Kamis yang berbahagia ini ditambah suasana cerah meriah Pimpinan Cabang Aisiyah Karang Bahagia, Pimpinan Daerah Nasiyatul Aisiyah dan TK ABA Bustanul Athfal 05 Kp Pulo mengadakan acara Seminar Parenting yang bertemakan Seminar stunting PDNA Kab. Bekasi berkolaborasi dengan Majelis Kesehatan PDA Kab. Bekasi dan TK ABA 05 Kp. Pulo dalam rangka tasyakuran Milad Muhammadiyah ke 111 (Kamis, 21/12/2023)

    Kegiatan yand disupport Baznas Kab Bekasi dan Lazisuu KL RSI Jakarta Pondok Kopi dengan tema: Cegah stunting bagian dari ikhtiar menyelamatkan semesta. Di hadiri oleh Atikah, PCA Karang Bahagia, Ketua PDA Kab. Bekasi, Sarinandhe Djibran, SH, SPM, Ketua PAUD DAASMEN PDA Kab. Bekasi, Rosalina, M. Pd, Kons, Majelis Kesehatan PDA Kab. Bekasi, Ibu Desi dwi Nurhayati, Amk, Luthfi mewakili Baznas Kab. Bekasi dan narasumber utama: Dr. Felia Handayani, S. Gz, RD dan Ketua PCM Karang Bahagia,  Heru Setyo Prabowo S.Pd., M.Pd

    Ketua PD Aisiyah Kab Bekasi, Sarinande Djibran menyatakan dalam sambutan bahwa mendapatkan edukasi mengenai stunting, harusnya kita lebih sadar untuk menjadi orang tua terbaik bagi anak-anak kita.

    “Apa yang kita berikan hari ini hasilnya adalah anak-anak kita di masa yang akan datang. Buah jatuh tidak jauh dr pohonnya. sebagai orang islam, “ Jelasnya.

    Sariande menambahkan kita sudah jelas dianjurkan mendidik dan mengasuh anak dengan penuh kasih sayang, dan keperdulian terhadap masa depan anak, menumbuhkan karakter baik pada anak-anak adalah tugas kita sebagai orangg tua. Jadilah contoh baik bagi anak kita, sehingga anak anak meniru hal-hal baik dr orang tuanya

    Menurut Ketua PAUD DAASMEN PDA Kab. Bekasi, Rosalina, M. Pd, Kons menyatakan pendidikan TK Aisyiyah di Kab. Bekasi tidak kalah dengan TK Aisyiyah yang g ada di Kota-kota lain.

    “Biarpun masih merintis dan belum lama berdiri, namun TK Aisyiyah Kab. Bekasi berusaha menghadirkan program-program yang memihak kepada anak usia dini dan untuk kebaikan tumbuh kembang anak Didik Tk Aisyiyah. Serta program lembaga yang ke bermanfaatannya dapat dirasakan bukan hanya pada orang tua/wali murid tapi juga oleh org tua masyarakat sekitar. Karena stunting berdampak pada kecerdasan dan perkembangan fisik motorik anak,” Paparnya.

    Menurut Narasumber stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor ekonomi dan asupan gizi yang tidak seimbang serta pemberian MPASI yang belum cukup usianya. Faktor ekonomi mempengaruhi kecukupan makanan yg masuk dalam tubuh, pemberian MPASI harus sesuai usia anak.

    “Jika terlalu dini atau terlambat memberikan MPASI pada bayi, menyebabkan resiko stunting pada anak. Kemudian org tua harus tahu betul porsi makan anak yang seharusnya. Anak di bawah usia 5 tahun, baiknya makan sebanyak 5-6 x sehari. Pola tersebut akan cukup memenuhi nutrisi tubuh anak.” Jelasnya dalam acara.