BLANTERORBITv102

    Yusmin Libatkan Siswa dan Guru dalam Program Ketahanan Pangan

    Jumat, 03 November 2023


    Penadigital.id
    Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra mengadakan program ketahanan pangan untuk mengatasi inflasi dengan mengajak 132 siswa menanam cabai, tomat, dan bawang merah.

     

    Yusmin, selaku Dikbud Sultra mengatakan dengan melibatkan siswa dan guru dalam program ketahanan pangan dapat menjadi tindak lanjut penangan inflasi dan El Nino di daerah Bumi Anoa, Sulawesi Tenggara yang telah  diarahan Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.


    "Sebanyak 17 sekolah kabupaten maupun kota di Sultra sudah dikirimi surat untuk mengikuti program ketahanan pangan dengan menanam cabai, tomat, dan bawang merah serta mempersiapkan persemaian bibit dari tiga jenis tanaman tersebut dan siswa diberi tugas menanam 10 bibit dari setiap jenis tanaman," ujarnya.


    Yusmin juga memberi instruksi kepada sekolah untuk mulai melakukan persemian bibit pada hari ini, agar usia bibit kedepannya mencapai 20 hari lebih dan dapat melaksanakan penanaman bersama.


    Sebelumnya program penanaman cabai, tomat dan bawang merah telah dilakukan di sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) negri maupun swasta daerah Kabupaten Konawe, Kepulauan Buton dan Kolaka. Penanaman cabai, tomat dan bawang merah dilakukan di halaman sekolah maupun perkarangan rumah siswa yang menghasilkan ratusan kilogram persekolah.


    "Selain dapat menanam di lahan halaman sekolah, siswa yang memiliki lahan perkarangan rumah luas dapat dimanfaatkan untuk penanaman cabai, tomat dan bawang merah. Hasilnya pun untuk orang tua dan keluarga," ungkap Yusmin.


    Ulfa Azhari/adp


    Author

    admin adp