BLANTERORBITv102

    Wujudkan Pola Pembelajaran yang Efektif melalui Perbaikan Sistem Pembelajaran

    Jumat, 10 November 2023



    Penadigital.id
    Lestari Moerdijat atau yang akrab disapa Rarie, selaku Wakil Ketua MPR RI menuturkan bahwa proses pembelajaran harus didasari kebutuhan peserta didik sebagai dasar dari proses pembelajaran itu sendiri.  Hal ini disampaikan Lestari dalam acara Workshop Pendidikan yang bertema Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

     

    Rarie juga menjelaskan bahwa sekarang sudah saatnya mengubah pola dan cara mengajar dengan memberikan ruang yang seluas-luasnya dalam proses pembelajaran dengan menempatkan kebutuhan peserta didik.

    “Anak didik dalam Program Merdeka Belajar yang diterapkan harus menjadi satu titik yang menjadi dasar, bagaimana kita mengubah proses belajar dan mengajar saat ini,” ujar Rarie.

     

    Menurut Rarie, prinsip-prinsip School that Learns yang dikenalkan oleh Peter Senge itu sangat mampu menghasilkan ruang yang menjadikan diri sebagai pembelajar dan anak didik sebagai pusat dari proses itu.

     

    “Berdasarkan proses itu, kita dapat mengembangkan bagaimana bentuk pola belajar dan mengajar yang dipelukan,” tambahnya.

     

    Rarie juga mengungkapkan bahwa salah satu guru di sekolah Sukma Bangsa Aceh mendapat penghargaan sebagai guru penggerak terbaik karena sebelum Program Merdeka Belajar diterapkan, sekolah ini sudah mengembangkan model pendidikan berbasis prinsip School that Learns yang sejalan dengan Program Merdeka Belajar.

     

    Ia mendorong agar negri ini bisa mewujudkan pola pembelajaran yang efektif melalui perbaikan sistem pendidikan dan pada Program Merdeka Belajar yang diterapkan sekarang ini mencakup aspek tidak satu pun peserta didik yang ditinggalkan.

     

    (Intan Isliyah/adp)


    Author

    admin adp