BLANTERORBITv102

    Persiapkan Mahasiswa Menjadi Guru Unggul, FKIP Uhamka Gelar Sosialisasi PLP Tahap 1

    Jumat, 25 Agustus 2023

    Penadigital.id -  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar Sosialisasi dan Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Tahap 1 Tahun Ajaran 2023-2024 di Aula Ahmad Dahlan Lantai 6 FKIP Uhamka, Jumat (25/8).


    Kegiatan ini dihadiri oleh Purnama Syae Purrohman Dekan FKIP Uhamka, Sri Astuti Wadek I FKIP Uhamka, Samsul Maarif Wadek II FKIP Uhamka, Rita Agustina Kamawati Reviewer ATP dan Modul Ajar, Novanita W Arini Kepala UPT PLP FKIP Uhamka, dan mahasiswa peserta sosialisasi.


    Adapun mahasiswa Semester 7 yang akan melakukan PLP berjumlah 808 mahasiswa dengan klasifikasi diantaranya:

    1.    Pendidikan Geografi 33 mahasiswa
    2.    Pendidikan Bahasa Jepang 15 mahasiswa
    3.    Pendidikan Ekonomi 66 mahasiswa
    4.    Pendidikan Fisika 4 mahasiswa
    5.    Pendidikan Biologi 24 mahasiswa
    6.    Pendidikan Sejarah 30 mahasiswa
    7.    Pendidikan Bahasa Inggris 66 mahasiswa
    8.    Pendidikan Matematika 24 mahasiswa
    9.    Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 72 mahasiswa
    10. Bimbingan dan Konseling 163 mahasiswa
    11. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 292 mahasiswa
    12. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) 19 mahasiswa


    Purnama Syae Purrohman Dekan FKIP Uhamka menyampaikan empat karakteristik guru di era kemajuan saat ini, yaitu berani berdiri, berani bicara, mampu mempersiapkan diri, dan disiplin.


    “Seorang guru harus memiliki keberanian untuk berani berdiri dan tampil dengan percaya diri di depan siswa-siswinya. Jika kita bicara zaman dulu dan sekarang, sebenarnya materi yang diajarkan ke anak murid itu sama saja tapi yang membedakan adalah bagaimana cara guru menyampaikan materi tersebut. 

    Anak-anak saat ini tidak bisa hanya kita beri materi, tugas, dan selesai. Tapi perlu metode pendekatan dan model pengajaran yang lebih asyik dan berbeda agar materi itu sampai dengan baik di anak didik kita,” ujarnya.


    Purnama pun menekankan bahwasannya seorang guru harus memiliki persiapan yang baik sebelum terjun ke depan kelas untuk mengajar.


    “Persiapan adalah setengah dari keberhasilan. Maka dari itu, persiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.


    Ketua UPT PLP, Novanita W Arini menjelaskan, nantinya mahasiswa peserta PLP akan dibagikan ke 114 sekolah yang terdiri dari jenjang sekolah dasar hingga menengah atas. Sekolah-sekolah ini merupakan mitra sekolah yang bekerja sama dengan Uhamka.


    “Sosialisasi gelombang pertama ini ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menjalani PLP nanti, selanjutnya akan ada sosialisasi batch 2 dimana itu akan menjelaskan teknis ketika mahasiswa menjalani PLP nanti. Kita telah melakukan MoU dengan 114 sekolah, sehingga mahasiswa akan dibagikan ke sekolah-sekolah tersebut,” tuturnya.


    Author

    Admin