BLANTERORBITv102

    Mahasiswa Uhamka Siap Ikuti P2A On-site Mobility untuk Wawasan yang Lebih Luas

    Sabtu, 17 Juni 2023


    Penadigital.id - Kepala Unit Kerjasama Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber Talk Show pada kegiatan P2A Indonesia Chapter Meeting yang diadakan pada 15-16 Juni 2023. Kegiatan ini dihadiri juga Muntazhimah Sekretaris Unit Kerjasama Uhamka semua anggota organisasi Passage to ASEAN yang berasal dari Indonesia.


    Menurut Sekretariat Indonesia Chapter, Debby Sonita Lubis, kegiatan ini bertujuan untuk membantu para anggota agar mampu bertransisi dari mobilitas virtual ke onsite mobility bagi para anggota P2A Chapter Indonesia, sesuai dengan visi dan misi P2A. Kegiatan ini memiliki tema Expanding the network within ASEAN for the growth of internationalization of Indonesian higher education institutions. Acara bertempat di Gedung Yustinus Lt. 14 Ruang Y1406 – Y1408 Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta.


    Saat menyampaikan pendapatnya pada acara dengan tema Best Practices in Organizing P2A Journey, Purnama menyampaikan bahwa Uhamka banyak belajar dari anggota-anggota senior P2A Indonesia Chapter seperti Atma Jaya, UII dan Universitas Binus, sehingga saat pandemi terjadi, kegiatan Internationalization at home di Uhamka dapat terlaksana. Mahasiswa mengikuti kegiatan virtual mobility pada aspek: hospitality and tourism, health, computer sciences, business and entrepreneurship. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut, mahasiswa Uhamka yang terpilih mengikuti kegiatan tersebut memiliki wawasan ASEAN lebih baik, berkenalan dengan mahasiswa dari berbagai negara, serta mendapatkan kuliah mengenai topik yang dibahas, serta berdiskusi serta berkolaborasi dengan sesama mahasiswa dari Asia Tenggara. Selain itu, kegiatan tersebut juga melibatkan dosen-dosen Uhamka sebagai juri dan mentor kegiatan.


    “Dari kegiatan ini, Uhamka mendapatkan banyak pelajaran dari anggota-anggota senior. Dengan kegiatan-kegiatan yang memacu terkembangnya inovasi dan kreativitas ini, mahasiswa Uhamka dapat menambah pengetahuan tentang ASEAN dengan lebih baik. Mahasiswa juga mendapatkan relasi internasional serta mampu memecahkan topik dan isu kritis,” sampainya.


    Kegiatan P2A secara onsite, menurut standar minimal dapat dilaksanakan minimal 4 hari 3 malam, dengan pengeluaran maksimum per mahasiswa sebesar 40 USD per hari.


    Kegiatan saat ini masih di rekognisi sebagai bagian dari kegiatan akademik kemahasiswaan luar kelas, yang terdapat penilaian medali kerja kelompok di akhir kegiatan. Ke depan dengan berkolaborasi dengan program studi dan fakultas terkait, P2A onsite mobility dapat dilaksanakan oleh Uhamka, yang kegiatannya mempunyai kredit (SKS) tertentu, atau seperti yang disampaikan Zaif dari Unika Atma Jaya, menjadi bagian dari kredit (SKS) yang mengurangi beban kuliah mahasiswa. Misalnya mahasiswa yang mengikuti P2A setara dengan mengikuti mata kuliah tertentu, atau menjadi bagian integral dalam sistem penilaian mata kuliah tertentu.


    Passage to ASEAN (P2A) adalah organisasi yang bertujuan untuk mendorong mobilitas internasional oleh dan dari para anggota yang terdiri dari perguruan-perguruan tinggi di Asia Tenggara. Hal ini tercantum pada visi organisasi untuk mendukung Piagam Asean, satu visi dan satu identitas yang akan memperkuat dan menyatukan warga Asia Tenggara, yang juga dapat memelihara dan menjaga keberagaman budaya di kawasan, lingkungan serta warisan sejarah; menciptakan komunitas semua orang dapat berpartisipasi dan mengambil manfaat dari integrasi kawasan dengan mempromosikan akses yang setara bagi pendidikan dan pembangunan, dan; mempromosikan prinsip-prinsip penerimaan, penghormatan dan persahabatan, sebagai cara untuk mendorong perdamaian dan harmoni di kawasan Asia Tenggara.


    Organisasi ini didirikan pada bulan Juni tahun 2012 oleh lima perguruan tinggi yaitu Rangsit University (Thailand), Duy Tan University (Vietnam), Norton University (Cambodia), National University of Laos (Laos), and Myanmar Computer Company Training Institute, Ltd. (Myanmar). Organisasi ini sekarang memiliki 130 anggota dengan jumlah mahasiswa lebih dari satu juta mahasiswa, dan diakui sebagai entitas yang berasosiasi dengan organisasi ASEAN sejak 6 Januari 2020. Anggota dari Indonesia antara lain: Universitas Bina Nusantara, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Universitas Islam Indonesia, Uhamka, UM Gresik, Universitas Telkom, IBI Darmajaya, UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jakarta, Unissula Semarang, Universitas Kristen Petra, dan lain-lain.


    Menurut Mr. Teo Sze Cheng, Director P2A for Student Exchange, salah satu narasumber, memiliki 3 fungsi dalam mendorong pertukaran yaitu knowledge,skill, and understanding. Dengan demikian mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mendapatkan manfaat besar bagi kehidupan mereka, terutama dalam meraih mimpi-mimpi masa depan yang lebih besar.


    Author

    Admin