BLANTERORBITv102

    Dosen FKIP Uhamka Bina Ibu Rumah Tangga Sulap Botol Bekas Menjadi Sayuran

    Jumat, 06 Januari 2023

     

    Dokumentasi FKIP Uhamka


    Jakarta--Pada Minggu, 5 Januari 2023 sejumlah warga di RT 01 Kelurahan Gaga, Larangan – Ciledug Tangerang berkumpul untuk mendapatkan materi pelatihan mengenai “pemanfaatan barang bekas menjadi perangkat hidroponik”. Kegiatan ini diadakan oleh tim pengabdian LPPM Uhamka berkolaborasi dengan Pendidikan Biologi Uhamka sebagai narasumbernya, yaitu Devi Anugrah, M.Pd. dan Hilman Faruq, M.Pd.

    Menurut Devi Anugrah, Dosen FKIP Uhamka bahwa pelatihan ini dilakukan berdasarkan banyaknya barang-barang bekas yang dapat dimanfaatkan untuk menanam dengan teknik hidroponik, selain itu pekarangan warga yang terbatas untuk dimanfaatkan menanam dengan system konvensional. 

    “Menanam secara hidroponik sebenarnya sangat mudah dilakukan, dengan botol bekas air mineral misalnya, kain flannel bekas, dan sedikit nutrisi sudah dapat dilakukan. Bagaimana caranya? Potong botol menjadi dua bagian, siapkan nutrisi dan mari kita menyemai tanaman, tanaman bayam misalnya” ujar Devi dalam acara.

    Sebelum kegiatan dimulai, warga yang sudah berkumpul di gedung pemuda mendengarkan sambutan yang dibawakan oleh Sularno, ketua RT setempat. 

    “Nampaknya sangat antusias ya ini ibu-ibu. Baik ibu-ibu, saya harap semuanya menyimak dengan seksama kegiatan ini, karena ini adalah ilmu yang dapat kita manfaatkan nantinya. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih atas kedatangan tim pengabdian dari Uhamka” sambut Sularno.

    Hal ini di amini oleh salah satu peserta yang mengatakan merasa bersemangat sekali dengan adanya kegiatan ini.

    "Tentunya ini menambah wawasan saya sebagai ibu rumah tangga agar dapat memanfaatkan barang yang ada dirumah agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan dapur khusunya. Membantu perekonomian karena tidak harus beli sayuran lagi, hehe. Terimakasih pak narasumber atas sharing ilmunya baut kami warga disini” ungkap Dewi salah satu peserta.

    Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga siang hari, dimulai dari sambutan ketua RT, penyampaian materi diikuti praktek langsung pembuatan perangkat hidroponik, penyemaian benih, pelarutan nutrisi dan ditutup dengan penyerahan hidroponik set dari Pendidikan Biologi Uhamka untuk warga di RT 01 di Kelurahan Gaga.