BLANTERORBITv102

    Maknai Hari Ibu untuk Pendidikan yang Merata dan Perekonomian Meningkat

    Jumat, 23 Desember 2022


    Penadigital.id - Mariana Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengharapkan dalam memaknai Hari Ibu Tahun 2022 bagaimana cara agar pendidikan merata dan perekonomian pedesaan meningkat tidak terkecuali di provinsinya.


    "Pasalnya salah satu faktor atau penyebab perkawinan usia dini yang banyak terdapat di pedesaan karena pendidikan belum merata sebagaimana harapan bersama," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/12).

    Begitu pula faktor perekonomian bisa menjadi penyebab perkawinan muda atau usia dini, lanjut perempuan yang menyandang gelar Sarjana Administrasi Bisnis (SAB) dan Magister Manajemen (MM) tersebut.

    "Kedua masalah pendidikan dan perekonomian tampaknya merupakan faktor dominan penyebab perkawinan usia dini," tegas Ana.

    Dengan meminta maaf, dia menunjuk contoh pedesaan di provinsinya yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota banyak anak perempuan yang tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi.

    "Dari pengamatan selama ini banyak anak perempuan desa tingkat pendidikan mereka maksimal Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat," tutur putri almarhum Abidin


    "Jadi persamaan gender belum maksimal jika tidak ditopang dengan pendidikan yang merata serta perekonomian yang meningkat," tegas Ana.


    Sebagai contoh dalam dunia politik dalam dasa warsa (sepuluh tahun) terakhir banyak kaum terlibat bukan cuma sekedar anggota DPRD, tapi jadi pimpinan Dewan, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

    Begitu pula dalam pemerintahan atau bidang eksekutif di Kalsel sudah banyak dari perempuan menjadi kepala dinas/memegang eselon II, ujar wakil rakyat yang akrab dengan sapaan Bang Dhin tersebut.

    Bertepatan Hari Ibu, Kamis 22 Desember 2022, Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) Kalsel mengadakan peringatan dengan memberi santunan kepada anak-anak yatim.

    DYL_RPH


    Author

    ADMIN DYL