BLANTERORBITv102

    40 Kejadian Gempa Beberapa Pekan Terakhir terjadi di Wilayah Aceh dan Sumut

    Sabtu, 05 Februari 2022


    Penadigital.id
    - Tercatat oleh Pusat Gempa Regional (PGR) I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan dalam sepekan terakhir atau periode 28 Januari - 3 Februari 2022, ada 40 kejadian gempa bumi di Sumatera Utara dan Aceh. Aktivitas segmen Sesar Sumatera dan sebagian lagi tersebar di beberapa wilayah Subduksi merupakan sumber gempa bumi yang terjadi dalam sepekan terakhir di Sumut dan Aceh.


    Darmawandi selaku Kepala BBMKG Wilayah I Medan mengatakan, berdasarkan kekuatan, gempa yang terjadi magnitudo kecil dari 4.0 sebanyak 36 kejadian, magnitudo antara 4.0 dan 5.0 sebanyak empat kejadian. 


    Marzuki Sinambela selaku Peneliti PGR 1 BBMKG Wilayah I Medan menjelaskan, aktivitas kegempaan di Aceh dan Sumatera Utara dalam sepekan terakhir itu dominan terjadi di darat sebanyak 28 kejadian dan di laut 12 kejadian. Umumnya, kedalaman gempa yang terjadi selama sepekan ini cukup dangkal (dibawah 60 Km) sebanyak 35 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak lima kejadian.


    "Dari 40 gempa tersebut, tercatat hanya dua gempa yang signifikan dan dirasakan oleh masyarakat yakni yang terjadi di Kabupaten Karo," tutur Marzuki.


    BMKG tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak perlu panik. Tetap merespons dengan cepat informasi BMKG, menjaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi pada era pandemi.


    (ADP)


    Author

    admin adp