BLANTERORBITv102

    Tingkatkan Program MBKM, UHAMKA dan UNIMUS Semakin Erat Melalui MOU

    Selasa, 14 Desember 2021


    Penadigital.id
    - Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Prof H  Masrukhi laksanakan penandatanganan nota kesepahaman  terkait kerja sama Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Moa pada Senin (13/12) di Unimus.

     

    Rektor Unimus sangat menyambut kedatangan Uhamka, “Kami senang pimpinan Uhamka dapat berkunjung langsung, ibarat adik yang ditengok kakak. Unimus sendiri baru berusia 21 tahun, jadi kami mohon saran dan bimbingannya dari Prof. Gunawan untuk mengikuti jejak Uhamka," tuturnya. 


    Berdasarkan penyampaian Prof Masrukhi, kini Unimus sedang bersiap menuju kampus terpadu dan untuk kampus lama akan diberikan kepada SMP Muhammadiyah. Luas kampus Unimus sendiri terdiri atas 16,4 hektar dan nantinya Unimus akan membangun RS pendidikan di lahan 2,5 hektar. 

     

    Sementara itu, Rektor Uhamka menyatakan bahwa pihak Uhamka hadir untuk melihat perkembangan Unimus secara langsung. 


    "Ini gizinya agak banyak, jadi pertumbuhannya cepat," gurau Prof. Gunawan.

     

    Ia juga menambahkan, "Rektor Unimus ini populer lantaran melakukan monitoring dan evaluasi mengenai pembangunan yang menjadikan pembangunan tersebut efektif dan efisien serta perkembangannya bagus."

     

    Lebih lagi, Prof Gunawan mengatakan bahwa kami membawa para dosen untuk mengunjungi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) sebab setiap PTMA memiliki keunggulannya masing-masing. Dan Prof Gunawan mendorong untuk membina kerja sama guna pengembangan SDM. Nantinya ia akan menyekolahkan dosen-dosen Uhamka ke sesama PTMA.  


    Rektor Uhamka juga menegaskan agar MBKM menjadi prioritas PTMA sebab hal itu yang paling mudah karena saling taawuun dan biaya bisa ditanggung masing-masing PTMA, serta kita dapat bertukar informasi dan interaksi yang bermanfaat. 

     

    Prof Gunawan juga menambahkan, "Selain itu, riset kolaborasi harus dilaksanakan antar PTMA supaya dapat saling berbagi pengalaman terkait publikasi karena hal tersebut sangat memberi manfaat, seperti mitra luar negeri Uhamka dan Unimus dijadikan mitra bersama."  


    Pada kesempatan yang sama, Unimus melakukan penandatanganan terkait MOU dengan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusi Riau. 


    (ADP)


    Author

    admin adp