BLANTERORBITv102

    Pengahargaan Adiwiyata Nasional Diraih Empat Sekolah di Buleleng

    Sabtu, 25 Desember 2021


    Penadigital.id
    Empat sekolah yang berada di Buleleng menerima Penghargaan Adwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

     

    Empat sekolah  diberikan penghargaan atas kemampuan mereka melaksanakan upaya untuk meningkatkan pendidikan lingkungan hidup. 


    Made Astika membenarkan, Kepala Dinas Pendidikan  dan Olahraga Buleleng mengungkapkan bahwa empat sekolah peraih penghargaan Adiwiyata, terdiri dari SDN 1 Tajun, SDN 1 Banyuning, SMPN 3 Seririt dan SMPN 2 Singaraja. 

     

    Penghargaan diberikan sesuai  SK Menteri LHK Nomor 1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 mengenai Penetapan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2021. 

     

    Astika melanjutkan bahwa setiap tahun pihaknya menyiapkan sejumlah lembaga pendidikan yang mewakili kecamatannya masing-masiing di Buleleng untuk ikut serta dalam penilaian Adiwiyata Nasional. 

     

    Dinas Lingkungan Hidup Buleleng pun memberikan bimbingan bagi sekolah-sekolah yang ditunjuk untuk memperoleh menanamkan kepedulian dan berbudaya terhadap lingkungan hidup.

     

    Hal ini ditunjukkan oleh warga sekolah yang menerapkan sikap ramah lingkungan, dan berhasil meningkatkan kualitas lingkungan  baik di lingkungan sekolah maupun di sekitarnya. 

     

    “Kriteria penilaian penghargaan ini meliputi beberapa indikator, antara lain aspek kebijakan sekolah berwawasan lingkungan hidup, aspek kurikulum berdasar lingkungan hidup, aspek pengelolaan sarana dan prasarana  yang ramah lingkungan,” tutur Astika.

     

    Astika juga menambahkan bahwa sudah terdapat 61 sekolah lainnya yang berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata sejak tahun 2014, baik tingkat mandiri, kabupaten, provinsi, ataupun nasional.

     

    Setelah  meraih penghargaan, Astika  berharap warga sekolah dapat bertanggung jawab terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan untuk kedepannya. (pr)


    Author

    Admin pr