BLANTERORBITv102

    Tingkat Perilaku Konsumtif Gen Z dalam Berbelanja di Tiktok Shop Wilayah Jabodetabek

    Senin, 30 Juni 2025

     

    ilustrasi
    Faiza Azzahra, Selvi Zahrotunnisa, Ratih Nurmalita, Alvin Eryandra
    Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

     

    Perkembangan teknologi digital dan media sosial telah mengubah pola konsumsi masyarakat, khususnya di kalangan Gen Z. TikTok kini tidak hanya menjadi media hiburan, tetapi berkembang sebagai platfrom e-commerce melalui fitur ”TikTok Shop”, yang memungkinkan pengguna langsung melihat, tertarik, dan membeli produk dalam satu aplikasi. Hal ini memicu kebiasaan belanja yang semakin instan dan impulif, terutama di kalangan Gen Z (Khikam Ali Majid et al., 2024).

     

    Platform media sosial kini dituntut untuk terus berinovasi agar mendukung kebutuhan bisnis, termasuk menciptakan fitur transaksi yang praktis (Charla & Isyanawulan, 2023). Kemudahan akses ini turut mendorong peningkatan perilaku konsumtif yang berdampak pada gaya hidup boros. CNN Indonesia mencatat, pengguna e-commerce mencapai 32 juta orang pada tahun 2021, naik 88% dibanding tahun sebelumnya (Harris et al., 2024).

     

    Transformasi digital yang masif telah mendorong 98% Gen Z Indonesia mengadopsi platform digital untuk berbelanja, menciptakan pola konsumsi yang semakin tidak terkendali (Rasyidi, 2025). Purnama & Bangun dalam (Lakuy et al., 2025) menunjukkan bahwa lebih dari 60% pengguna e-commerce di Indonesia berasal dari kelompok usia 18–25 tahun, yang sebagian besar adalah mahasiswa. Di sisi lain, (Lakuy et al., 2025) mencatat bahwa harga, promosi, dan gaya hidup menjadi komponen utama yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa di era digital.

     

    Perilaku konsumtif adalah kecenderungan seseorang untuk membeli barang bukan karena benar-benar dibutuhkan, melainkan karena dorongan keinginan yang terasa harus segera dipenuhi. Kotler (2021) mendefinisikan perilaku konsumtif sebagai ketika seseorang mengambil, menggunakan, atau memakai barang bukan karena kebutuhan, melainkan karena keinginan mereka dan hanya untuk memenuhi hasrat mereka (Khoirunnisa, 2021). Perilaku ini biasanya dilakukan untuk menunjukkan status sosial, memenuhi kepuasan pribadi, atau mencari kesenangan sesaat yang semu. Dengan kata lain, perilaku konsumtif menunjukkan ketidakseimbangan antara kebutuhan yang sebenarnya dan keinginan untuk memiliki sesuatu yang tidak selalu penting.

     

    Untuk memahami fenomena tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat perilaku konsumtif Gen Z saat berbelanja di TikTok Shop wilayah Jabodetabek dengan mempertimbangkan tiga komponen perilaku konsumtif, yaitu pembelian impulsif, pembelian yang tidak rasional, dan pemborosan.

     

    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku konsumtif Gen Z Pengguna TikTok Shop di Jabodetabek. Pendekatan kuantitatif yang lebih menekankan pada pengukuran angka dan statistik, metode kualitatif menekankan pada interpretasi, pemahaman konteks, dan makna subjektif (Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, 2024).

     

    Penelitian ini melibatkan sebanyak 61 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan, yaitu sekitar 82%, sedangkan laki-laki sebanyak 18%. Dari segi domisili, sebagian besar responden berasal dari wilayah Jakarta, khususnya Jakarta Selatan dan sekitarnya, dengan persentase sebesar 60,7%. Disusul oleh responden dari wilayah Tangerang sebesar 19,7%, kemudian Bogor 13,1%, Bekasi (4,9%), dan Depok (1,6%). Seluruh responden termasuk dalam kelompok usia Gen Z, dengan rata-rata usia 20 tahun. Dengan rentang usia pada remaja akhir hingga dewasa awal yang terpengaruh tren digital, termasuk belanja online.

     

    Hasil analisis menunjukkan bahwa 53% responden memiliki kecenderungan perilaku konsumtif yang cukup tinggi. Gen Z pengguna TikTok Shop umumnya aktif berbelanja karena dorongan emosional, tren, atau promo, meski masih dalam kategori moderat. Jakarta Selatan tercatat sebagai wilayah dengan tingkat konsumtif tertinggi. Faktor usia muda, dominasi perempuan, dan paparan media sosial yang intens, khususnya TikTok Shop, turut memengaruhi perilaku ini. Meski begitu, sebagian responden juga menunjukkan sikap kritis terhadap konsumsi berlebihan, yang membuka peluang ke arah konsumsi yang lebih bijak.

    Referensi:

    Anggraini, I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Online Shopping Pada Wanita Usia Dewasa Awal. Universitas Negeri Jakarta, 1–154.

    Charla, U., & Isyanawulan, G. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z (Studi Di Desa Batu Ampar Baru Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Empirika, 8(1), 58–73. https://doi.org/10.47753/je.v8i1.133

    Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.

    Harris, S., Aditya, A. M., & Thalib, T. (2024). Analisis Persepsi Harga Dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Karakter, 4(1), 323–329. https://doi.org/10.56326/jpk.v4i1.3664

    Khikam Ali Majid, M., Sa, N., Rahmawati, L., Ekonomi dan Bisnis Islam, F., & Islam Negeri Surabaya, U. (2024). Fenomena dan Perilaku Belanja Online Melalui Tiktok Shop pada Generasi Z Perspektif Konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(02), 1796–1806.

    Khoirunnisa, D. A. & R. N. (2021). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWI PSIKOLOGI PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE Riza Noviana Khoirunnisa Abstrak. Jurnal Penelitian Psikologi Perilaku, 8(9), 95. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i9.42541.

    Lakuy, F., Sopacua, Y., Pattimura, U., & Pattimura, U. (2025). Antara Harga , Promosi , dan Gaya Hidup : Faktor-Faktor Pembentuk Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Marketplace Digital. 19(2), 170–184.

    Rasyidi, M. (2025). Studi Komprehensif Perilaku Konsumtif dan Anxiety Finansial Generasi Z di Era Digital. https://kumparan.com/maulana-alif-rasyidi/regulasi-bnpl-dan-krisis-finansial- gen-z-analisis-dampak-doom-spending-2025-24Uchwx57OF


    Author

    Admin