BLANTERORBITv102

    Dosen FFS Uhamka Laksanakan Sosialisasi Penggunaan Obat di Saat Berpuasa di Bulan Ramadan serta Bantuan Penguatan Ekonomi di Kelurahan Malaka Sari

    Senin, 08 April 2024

    Penadigital.id Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) menyelenggarakan sosialisasi penggunaan obat pada bulan Ramadan dan bantuan penguatan ekonomi masyarakat di Rt 06 RW 05 Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur, Sabtu (15/03).

     

    Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen FFS UHAMKA yakni Novia Delita dan Agustinn Yumita sebagai bentuk pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi seperti pengabdian kepada masyaarakat serta hadir pula masyarakat RT 06 RW 05 Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur.

     

    Puasa di Bulan Ramadan merupakan ibadah yang diwajibkan oleh Allah SWT bagi umat Islam selama satu bulan dimulai dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Selama berpuasa tidak makan atau minum selama kurang lebih 14 jam. Hal ini mempengaruhi orang-orang yang menerima pengobatan. Seperti yang sudah kita ketahui, aturan minum obat bervariasi, mulai dari satu kali sehari sampai empat kali sehari.

     

    Tujuan kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi/ pengetahuan kepada masyarakat bagaimana menggunakan obat dengan benar pada bulan puasa menggunakan brosur dan penjelasan secara langsung.

     

    Selain itu juga memberikan paket sembako kebutuhan pokok sebagai ketahanan ekonomi sehingga masyarakat target dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan khusu.

     

    Novia Delita selaku ketua Tim pengabdian masyarakat mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini nantinya diharapkan mampu membantu masyarakat dalam mengkonsumsi obat dengan tepat di bulan puasa serta mampu menjaga ketahanan ekonomi keluarga.

     

    Kegiatan ini nantinya diharapkan mampu membantu masyarakat dalam mengkonsumsi obat dengan tepat di bulan puasa. Selain itu juga diharapkan mampu menjaga ketahanan ekonomi keluarga” papar Novia Delita.

     

    Novia Delita menambahkan “Masyarakat RT 06 RW 05 Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur juga sangat terlihat antusias dan terbantu sekali dengan adanya kegiatan ini,”.


    Author

    Admin