BLANTERORBITv102

    Tim Pengmas FTII dan FEB Uhamka Bangun Identitas Digital untuk Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah Ciledug Kota Tangerang

    Selasa, 05 Maret 2024


    Penadigital.id
    Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) dan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Optimalisasi Pemasaran Digital pada Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah. Lokasi seminar diadakan diruang rapat khusus antar unit TK Islam Mulia, MI Plus, SMP, dan SMA Fatahillah pada Kamis (14/12).

     

    Partisipan dihadiri oleh kepala dan wakil kepala sekolah antar unit, dan staf admnistrasi.

     

    Kegiatan tersebut dibuka oleh Hasanudin A. Ghani selaku Kepala Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah menuturkan,  Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah sudah menerapkan pemasaran secara digital dan konvesional. Untuk pemasaran secara konvesional sudah dilakukan dengan sangat baik. Namun, untuk pemasaran secara digital dipikir masih belum optimal, karena masih adanya keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki.

     

    "Maka dengan hal tersebut, diperlukan upaya penguatan, dan mampu memiliki identitas secara digital, sehingga meraih pasar yang lebih luas pada daerah-daerah tertentu, dan peningkatan jumlah siswa maupun siswi," tutur Hasanudin.

     

    Berdasarkan dari hasil wawancara yang sebelumnya sudah dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat, bahwa untuk pemasaran digital yang selama ini dilakukan masih belum optimal, sehingga perlu dibentuk strategi, dan manajemen yang baik.

     

    Oleh karena itu, Nur Chalik Azhar  selaku Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berinisiatif untuk melakukan kegiatan seminar secara luring, dengan tujuan memberikan pemahaman secara umum bagaimana untuk membentuk strategi-strategi, dan me-manajemen aktivitas-aktivitas pemasaran digital dengan baik, sehingga dampak yang diberikan tidak hanya berfokus dalam menentukan strategi dan manajerial. Tetapi, dapat membantu mencapai tujuan yang diharapkan oleh Kepala Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah, yaitu mampu memiliki identitas yang kuat, dan meraih pasar yang lebih luas pada daerah-daerah tertentu.

     

    "Di era perkembangan teknologi sekarang ini, lembaga sekolah sudah harus memiliki kesadaran tinggi dalam dalam pemanfaatan teknologi informasi, terutama dalam pemasaran digital, karena sudah banyak sekali masyarakat yang menggunakan ponsel pintar dalam kehidupan sehari-hari. Lembaga sekolah harus mengambil peluang dalam memanfaatkan media-media yang sudah cukup populer digunakan. Oleh karena itu, pentingnya program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan, agar dapat memberikan dampak yang positif dalam pemasaran digital di Yayasan Pusat Perguruan Fatahillah,” ucap Nur.


    Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut adalah membuahkan strategi-strategi, struktur organisasi, dan penentuan segmentasi pasar dalam pemasaran digital. Dari hasil-hasil tersebut, didapatkan dari hasil diskusi pada sesi akhir kegiatan tersebut. Selain itu, Nur Chalik Azhar menyarankan bahwa diperlukan kontrol yang baik pada saat melakukan aktivitas-aktivitas pemasaran digital, karena dapat menentukan keberhasilan dan efektivias dalam melakukan pemasaran digital dimitra tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, merupakan bagian dari komitmen dosen-dosen dari Program Studi Teknik Informatika, dan Manejemen, Uhamka, dalam mewujudkan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

     


    Author

    admin adp