BLANTERORBITv102

    Tidak Hanya Mengajar Di Sekolah, Guru Berperan Aktif dalam Perkembangan Siswa di Luar Sekolah

    Jumat, 17 November 2023

      


    Penadigital.id 
    Guna mencegah kenakalan remaja yang semakin marak akhir-akhir ini, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 49 Jakarta membuat sebuah inovasi atau program baru yang ditujukan untuk peserta didik. Inovasi tersebut mulai dilakukan pada Selasa, 24 Oktober 2023. Sebagai bentuk rasa peduli dan kasih sayang seorang guru kepada peserta didik. Serta program ini sangat baik untuk dilakukan.


    Mulai tanggal 24 Oktober 2023, program ini resmi dilaksanakan disetiap jam pelajaran pertama, bersama guru yang mengajar dijam tersebut. Sebelum memulai program tersebut, guru terlebih dahulu menyediakan sebuah kertas atau alat yang bisa digunakan untuk mencatat hasil dari program yang dilaksanakan.


    Selain dilakukan oleh guru yang mengajar dijam pelajaran pertama, progam ini hanya dilakukan untuk satu peserta didik dalam satu hari. Tidak banyak kegiatan yang dilakukan, guru hanya meminta peserta didik untuk bercerita mengenai kegiatannya selama satu hari. Selain itu, peserta didik tidak bercerita dihadapan teman-teman kelasnya, melainkan hanya kepada guru yang mengajar di kelas tersebut. Sehingga peserta didik tidak merasa terbebani dalam program ini.


    Banyak hal baik yang bisa didapatkan oleh guru melalui program ini. Salah satu bukti nyatanya ialah guru dapat mengetahui kegiatan peserta didik selama satu hari dan dapat dikonsultasikan kepada orang tua peserta didik. Dengan begitu, guru juga dapat membatasi kegiatan peserta didik agar tidak menuju ke arah yang salah.


    Iing Megalendra, guru bahasa Indonesia SMPN 49 Jakarta memberikan pesan kepada guru-guru lainnya untuk tetap melakukan yang terbaik dalam mengawasi tumbuh kembang peserta didik, baik di sekolah maupun di luar sekolah.


    “Jika bukan kita, siapa lagi yang akan mengawasi mereka,” katanya.

     

    (Aliya Fisyara/adp)


    Author

    admin adp