BLANTERORBITv102

    Menag Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan NWDI

    Rabu, 01 November 2023

    Penadigital.id - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) ke-88, Minggu, (29/10).


    Peringatan 88 tahun berdirinya NWDI yang dihadiri ratusan rbu jamaah dilaksanakan di Lapangan Ummuna Hj Siti Raihanun ZAM, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), atau sekitar 100 km dari kota Mataram sekitar 1 jam perjalanan.


    Dalam sambutannya Yaqut mengatakan HUT ke-88 Madrasah NWDI telah memberikan dorongan penting untuk merefleksikan capaian yang telah dicapai selama ini dan menatap masa depan yang lebih baik.


    “Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah untuk terus meningkatkan mutu pendidikan, menjaga semangat solidaritas dan terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa,” kata Yaqut dalam keterangannya.


    "Mari tingkatkan kerja keras kita untuk pendidikan Islam yang unggul di masa depan, terima kasih untuk perhatian dan doanya, semoga Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah dan NW terus menjadi inspirasi bagi anak muda saat ini," pungkasnya.


    Menurut Gus Men, hal ini madrasah menghasilkan lulusan yang tidak hanya berbakat dalam ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki kecintaan yang mendalam terhadap agama, bangsa dan negara.


    Gus Men juga menegaskan, pemerintah sebenarnya mendukung pengembangan pendidikan Islam di tanah air. Dikatakannya, pihaknya akan terus berupaya  meningkatkan kualitas pendidikan agama dan membantu lembaga seperti Madrasah NW untuk maju dan berkembang lebih jauh.


    Termasuk dalam upaya peningkatan standar pendidikan di Madrasah, seperti peningkatan kualitas guru, dengan menggunakan kurikulum yang disesuaikan dengan tantangan zaman dan mengembangkan sumber daya pendidikan yang lebih baik.


    Kementerian Agama terus mendorong sekolah untuk terus mengintegrasikan pembelajaran komputer ke dalam kurikulum, memastikan pemerataan akses terhadap teknologi dan mempersiapkan siswa untuk bersaing di dunia yang semakin terhubung dan kompleks secara teknologi.


    “Tema tahun ini adalah 88 tahun NWDI mengabdi nusantara, terus berkembang menuju Indonesia maju. Gerakan pendidikan madrasah menjadi pilar pengembangan karakter generasi muda provinsi NTB dan Indonesia,” kata Maulana.


    “Dan cinta tanah air adalah bagian dari iman,” lanjutnya


    Ia menambahkan, beberapa kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati 88 tahun berdirinya Madrasah NWDI. Diantaranya khitanan massal, gurisan, seminar nasional, donor darah, dapur umum, parade alegoris dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.


    Sebagai informasi, Ketua Umum Dewan Pimpinan Barat Laut Maulana Syaikh TGH Lalu Zainuddin Atsani, Perdana Menteri UIN Mataram Masnun Tahir, Kapolda NTB, Irjen Pol Umar Faroq, Kepala Daerah Kementerian NTB Zamroni Aziz Dirjen Agama dan Hak KSKK  Pendidikan Islam, Sidik Sisdiyanto juga turut mendampingi Gus Men dalam acara tersebut..

    (Kharisma PC/Dyl)


    Author

    ADMIN DYL