BLANTERORBITv102

    Evaluasi Efektivitas Kurikulum, ITB Jamin Peluang Kerja bagi Lulusannya

    Selasa, 07 November 2023


    Penadigital.id
     -Institut Teknologi Bandung (ITB) mendorong mitra Perusahaan untuk memberikan umpan balik tentang program akademik, baik intra-kurikuler maupun ekstrakurikuler. Pada tahun ini, ITB akan mengevaluasi kurikulum tambahan yang dirancang untuk memungkinkan mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkunghan kerja.

     

    “Bahwa bagaimanapun yang paling penting bagi mahasiswa kita adalah masuk ITB dengan khususnya terjamin dengan lapangan kerjanya” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Jaka Sembiring.

     

    Adapun, Jaka menyatakan bahwa ITB selalu berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi persyaratan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).

     

    “Pada sejak dahulu ITB menetapkan bahwa ingin lebih baik dari ketentuan SN Dikti yang menjadi sangat penting dan mudah-mudahan ini bisa juga dilihat dan diperhatikan oleh mitra-mitra kami khususnya,” ucap Jaka.

     

    Sementara itu, ITB mengadakan Integrated Career Days 2023 untuk membuka lowongan pekerjaan dan memberikan kesempatan berkarier baik di dalam maupun luar negeri bagi alumni dan lulusan iTB. Kepala ITB Career Center, Hafiz Aziz Ahmad, menyatakan bahwa acara ini bertujuan untuk kebutuhan tenaga kerja professional dari mitra Perusahaan ITB dengan menghadirkan lulusan atau alumni ITB.

     

    “TKT Oktober 2023 sekarang merupakan yang ketiga yang dapat kita lakukan secara hybrid sejak pasca pandemic,” ujar Hafiz.

     

    Pada acara ini terdiri dalam pameran bursa karier dari perusahaan, seminar dari perusahaan, serta rekrutmen. ITB juga menyelenggarakan Scholarship Participant untuk pencari beasiswa S1, S2, dan S3.

     

    Selain itu, terdapat Entrepreneurship Participant yang menampilkan produk-produk inovatif dari mahasiswa wirausaha muda ITB yang memiliki usaha startup dan skala besar. Hal ini bergerak di berbagai bidang, baik teknologi maupun non-teknologi, dan memiliki bagian dari program PMW batch 2 Kementeruan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

     

    Titian Karir Terpadu (TKT) diikuti oleh sebelas mitra bisnis, masing-masing dengan satu kategori Emas, Astra Group, tiga kategori Perak, Formulatrix, Paragon Corporation, PT The Sixth Chemical Engineering Construction, dan tujuh kategori Bronze, Amazon Web Services, PT QMB New Energy Materials, Mattel Indonesia, OCBC NISP, Star Energy, Bank BNI, dan Bank Mandiri.

     

    Pada agenda ini yang diikuti oleh tiga Lembaga yang menyediakan beasiswa dan 10 kelompok wirausaha mahasiswa ITB. Dalam acara ini memberikan sertifikat kepada mitra ITB yang turut mendukung ITB Hybrid Integrated Career Days 2023.

     

    ITB Hybrid Integrated Career Days 2023 menampilkan beberapa pertunjukan music dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ITB Jazz.

     

    Anisa Rahmani Fatihah/adp


    Author

    admin adp