BLANTERORBITv102

    Upaya Peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini, Bupati Nagakeo Meresmikan Dua TK Menjadi TK Negeri

    Rabu, 18 Oktober 2023


     Penadigital.id - Bupati Nagakeo tersebut meresmikan kedua TK yaitu TK Negeri Ledho di Desa Sawu dan TK Negeri SantoMartinus Kolilewa di Desa Ua, Kecamatan Mauponggo. Peresmian kedua TK tersebut dibuktikan dengan pengguntingan pita. (18/10/2023)

    Johanes Don Bosco Do selaku Bupati Nagakeo menekankan pentingnya menaruh perhatian, dari pemerintah daerah, guru, dan orang tua. Hal ini bertujuan untuk perkembangan pendidikan anak-anak usia dini.

    "Kita didik anak - anak kita untuk dapat berdaya saing dalam dunia kerja dan mampu berusaha." ujarnya

    Johanes berujar lembaga pendidikan pada  tingkat TK, SD, dan SMP adalah suatu kewajiban yang diurusi oleh pemerintah kabupaten. Menurutnya, hal tersebut bukanlah menghilangkan suatu tanggung jawab guru dan orang tua wali dalam mengurusi anak-anak dengan baik.

    Pemerintah Kabupaten Nagekeo memiliki poin penting yaitu memerhatikan peningkatan kualitas dalam dunia pendidikan, lebih - lebih kepada pendidikan tingkat dasar.

    Pada pengubahan status TK Ledho menjadi TK negeri, Johanes mengharapkan adanya kolaborasi dan kerja sama antar pihak, baik dalam lembaga pendidikan maupun pemerintah setempat agar bertambahnya peningkatan mutu pendidikan.

    Dalam hal ini juga, Johanes memohon kepada para guru untuk lebih memperhatikan kualitas sebagai pendidik yang memiliki standar kualifikasi, yang nantinya dapat menghasilkan anak didik yang mampu berdaya saing pada kedepannya.

    Selain itu, ia bersedia untuk menambahkan sarana dan prasarana belajar seperti perpustakaan pada kedua TK tersebut.

    Bupati Nagekeo juga memberikan amanah kepada orang tua anak didik untuk fokus dalam memperhatikan makanan yang bergizi, pakaian, dan tata ruang kamar anak di rumah.

    Johanes menekankan supaya dalam penataan ruang anak di rumah harus menjadi nomor satu, bukan disepelakan layaknya tata ruang rumah yang berfokus pada kamar tamu.

    "Anak - anak ini harus bisa menikmati fasilitas pendidikan di tingkat PAUD dan TK dengan sebagaiman mestinya, mari kita dampingi bersama - sama supaya fasilitas yang sudah ada dapat menjadi lingkungan belajar yang nyaman untuk mereka," ujarnya dia.

     

    Asmaul Husna Cantika Wiradika/GJF


    Author

    Admin