BLANTERORBITv102

    Tim PKM FEB Uhamka; Mengoptimalkan Pemasaran Produk UMKM Masyarakat Desa Gunungmanik

    Minggu, 22 Oktober 2023




    Pengabdian kepada masyarakat bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan caturdharma dosen. Salah satunya kegiatan kolaborasi PKM Dosen dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Cirebon yang terdiri dari 6 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah yang ditempatkan di Desa Gunungmanik, Kecamatan Ciniru mengadakan Seminar Peningkatan Kualitas UMKM di Desa dengan tujuan untuk membantu warga desa yang memiliki UMKM dan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Desa Gunungmanik namun belum cukup inovatif dan kreatif dalam melakukan pengemasan serta belum cukup pengetahuan untuk melakukan pemasaran produk secara luas melalui sosial media.

    PKM yang dilakukan dosen Arif Widodo Nugroho, Elmy Nur Azizah, Dewi Puji Rahayu plus Della Pariska dan Lailatul Salamah. Ditambah Tim KKN kelompok 14 berjumlah 10 orang, diantaranya Ahmad Alfateh Rahanyamtel, Hayatun Nega Amna, Hulman Taufik Azhar, Lala Komalasari, Muhammad Fikri Fanillah, Nanda Riandita Rizky Kinanty, Putri Dwi Jayant, Rizky Fitra Ramadhan, Rizqah Sely Salsabil, Unggul Nirwikoro Prihadmoko.
    Acara seminar diadakan pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 di Aula Balai Desa, Acara berlangsung dengan lancar dan tertib, antusias dari para warga juga sangat baik.

    Arief Widodo selaku Dosen FEB Uhamka menyatakan salah satunya mengenai ide-ide inovatif untuk membuat label dan hiasan kemasan produk untuk mempercantik dan menambah daya tarik produk yang dipasarkan.
    "Kami menyampaikan beberapa aplikasi yang bisa digunakan dalam membuat label dan hiasan kemasan, salah satunya adalah "Canva"." Papar Dodo sapaan akrabnya.
    Selain itu, Della Pariskan selaku mahasiswa FEB Uhamka menyampaikan materi bagaimana cara memasarkan produk secara online dan mendaftarkannya di situs-situs belanja online, seperti Facebook, ataupun Instagram. Tim KKN yang lain pun membantu satu sama lain untuk mengumpulkan data-data pemilik UMKM di Desa untuk kemudian didaftarkan pada situs belanja online.

    Della berharap, dengan diadakan nya kegiatan ini, dapat membantu warga desa terutama bagi yang memiliki UMKM agar semakin berkembang dan memiliki lebih banyak lagi peminat. Selain itu, tingkat kreativitas dan inovasi pemilik UMKM dalam membuat kemasan dan menambah daya tarik produk juga semakin baik.