BLANTERORBITv102

    SMA Regina Pacis Surakarta Selenggarakan Ajang Ursulin Cup 2023 dengan Tema Youth Beyond The Horizon

    Selasa, 17 Oktober 2023


    Penadigital.id
    SMA Regina Pacis Surakarta menggelar sebuah kompetisi bernama Ursulin Cup 2023 untuk jenjang SD hingga SMP di Jawa Tengah. Terdapat beberapa jenis kompetisi yang diselenggarakan, yaitu basket three on three (SD-SMP), modern dance (SMP), fotografi (umum), dan mural digital (umum).

     

    Sebagai komitmen nyata untuk mewujudkan mimpi dalam mencetak generasi-generasi muda yang mampu menebas cakrawala, Ursulin Cup 2023 mengangkat tema Youth Beyond The Horizon yang memiliki makna Pemuda yang Melampaui Cakrawala.

     

    Jehoshua Maheswara, Ketua OSIS SMA Regina Pacis Surakarta sekaligus ketua panitia Ursulin Cup 2023, menjelaskan bahwa Ursulin Cup adalah sarana dalam pemberdayaan talenta generasi muda, promosi identitas sekolah, sekaligus ajang edukasi para siswa yang terlibat dalam kepanitiaan.

     

    “Ursulin Cup adalah sarana dalam pemberdayaan talenta generasi muda, promosi identitas sekolah, sekaligus ajang edukasi para siswa yang terlibat dalam kepanitiaan,” ujar Jehoshua.

     

    Kepala SMA Regina Pacis Surakarta, MM Wahyu Utami, juga turut menyampaikan, apresiasinya atas terselenggaranya Ursula Cup 2023 ini dengan lancar.

     

    “Sekolah sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan ini, baik secara moral maupun finansial,” tutur Wahyu.

     

    Kegiatan kompetisi Ursula Cup 2023 ini dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 11-14 Oktober 2023. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 12.00-19.00 WIB (pada 11-13 Oktober) dan pukul 08.00-12.00 (pada 14 Oktober 2023).

     

    Pada hari pertama hingga hari ketiga diisi dengan pertandingan basket three on three yang diikuti oleh 66 tim dari berbagai SD dan SMP se-Jawa Tengah. Setelah itu, pada hari ketiga terdapat kompetisi modern dance. Untuk kompetisi lain seperti fotografi dilaksanakan selama acara berlangsung sedangkan mural digital dilaksanakan secara daring.

     

    Pada hari terakhir kompetisi Ursula Cup 2023 tersebut, digelar Discover Courage, yaitu pentas seni yang menampilkan beragam talenta muda dari SMA Regina Pacis Surakarta. Tidak hanya itu, sepanjang Ursulin Cup juga dimeriahkan dengan 20 stand bazaar kuliner, mural art projection, dan instalasi seni kontemporer.

     

    Bersamaan dengan Discover Courage, SMA Regina Pacis juga menggelar open house dalam rangka penerimaan peserta didik baru. Dalam gelaran open house tersebut, para calon siswa dapat mencoba pengalaman mengikuti beragam program unggulan di SMA Regina Pacis Surakarta seperti robotic, virtual reality oculus, trial class, international class, dan metaverse.

     

    Selain open house, hari terakhir juga disemarakkan gelar karya integrated learning atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang menghadirkan puluhan proyek kewirausahaan dari siswa-siswi SMA Regina Pacis.

     

    Sementara itu, Margaretha Putrining Tyas, Pembina OSIS SMA Regina Pacis mengatakan, melalui kegian ini akan mengasah , kemampuan soft skills seperti komunikasi, kolaborasi, kepemimpinan, berpikir kritis, dan kreativitas.

     

    "Saya berharap, Ursulin Cup menjadi momentum pembelajaran baik bagi seluruh pihak terlibat, terutama panitia siswa yang bekerja keras demi kesuksesan acara. Di sisi lain, diharapkan kegiatan ini mampu menciptakan ruang kompetisi yang progresif sekaligus dapat memperkenalkan SMA Regina Pacis sebagai institusi pendidikan yang inklusif terhadap pengembangan potensi anak muda,"ungkapnya.

     

    (Alifia Angel/adp)


    Author

    admin adp