BLANTERORBITv102

    Sekolah Global Sevilla Adakan Kegiatan Mindfulness untuk Membangun Karakter Siswa

    Selasa, 10 Oktober 2023


    Penadigital.id
    - Sekolah tidak hanya bermanfaat untuk menghasilkan siswa dengan keunggulan akademis namun juga pengembangan karakter yang kuat. Melalui mindfulness , pengembangan karakter yang baik untuk siswa bisa diajarkan sejak usia dini.

     

    Mindfulness yaitu kemampuan dasar manusia untuk hadir seutuhnya, menyadari di mana kita berada dan apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang sedang terjadi di sekitar kita.

     

    Dalam rangka merayakan HUT ke-21 Sekolah Global Sevilla mengadakan kegiatan mindfulness yang diikuti oleh sekitar 1000 siswa dari tingkat TK sampai dengan SMA baik di Sekolah Global Sevilla Puri Indah dan Pulo Mas – Jakarta.

     

    Mindfulness yang dilakukan bermacam macam mulai dari mindful listeningmindful yogamindful walkingmindful colouringmindful eating dan masih banyak lagi. Keseluruhannya dilakukan secara mindful atau berkesadaran.

     

    Mindfulness atau hidup berkesadaran merupakan metode atau cara yang dipergunakan oleh Global Sevilla School untuk membangun karakter siswa.

     

    Sevilla Purborini Sulistiyo selaku Kepala Sekolah Global menjelaskan, sekolahnya memang mengajarkan mindfulness kepada siswa sejak TK dan banyak orang tua yang mengaku anaknya lebih tenang dan juga bisa lebih fokus saat belajar.

     

    "Impactnya banyak orang tua yang mengatakan anak-anaknya lebih bijaksana dan tenang. Bahkan mereka bilang, ketika orang tua ingin marah, justru ditenangkan oleh anaknya," katanya.

     

    Walaupun pada awalnya tidak mudah memperkenalkan mindfulness di sekolahnya, namun setelah beberapa tahun penerapannya, mulai muncul hasilnya, misalnya prestasi siswa yang meningkat dan juga karakter siswa yang saleh dan bisa saling menghargai.

     

    Bersamaan dengan pelaksanaan Day of mindfulnessMindfulness Festival juga diadakan mindfulness workshop yang dibawakan oleh praktisi mindfulness. Kegiatan ini dirangkai dengan Mindfulness and Mental Health Talks yang dibawakan oleh Adjie Santosoputro, pakar dan praktisi Mindfulness di Indonesia.


    Menurut Adjie Santosoputro, mindfullness itu penting di era saat ini yang dipengaruhi oleh teknologi dan informasi yang serba cepat, sehingga individu bisa berhenti sejenak yang akan berdampak pada kesehatan mental.


    "Peran mindfulness adalah jurus atau alat kesehatan untuk kesehatan mental generasi saat ini sehingga mereka tidak mudah insecure atau pun overthinking," ungkapnya.

     

    Di lain pihak, Michael Thia selaku Superintendent Sekolah Global Sevilla menyampaikan, Day of Mindfulness dilaksanakan sebagai penghormatan bagi para pendiri Global Sevilla. Diketahui, sebagian dari pendiri Sekolah Global Sevilla adalah Alm Nurcholish Madjid dan Sudhamek AWS.

     

    "Para pendiri kami sangat yakin bahwa selain prestasi akademis, kami perlu memupuk karakter baik siswa kami. Kami bangga, sebagai sekolah berbasis mindfulness terkemuka di Indonesia, dapat memasukkan praktik mindfulness ke dalam program pengembangan karakter sehingga memperkuat nilai-nilai sekolah, yaitu Memberi, Welas asih, dan Pengendalian diri,” pungkasnya.


    (Raihan Cahya Muharram/adp)



    Author

    admin adp