BLANTERORBITv102

    Pemberian Ijazah kepada 74 Siswa Berprestasi Sebagai Standar Nilai Kompetensi

    Senin, 30 Oktober 2023


    Penadigital.id
     - Sebanyak 74 siswa angkatan pertama SD Inpres Abeale 1 di Sentani menerima ijazah dari Sekolah Negeri Adat Papua. Demi mendorong kualitas pendidikan di daerah tersebut, dan peningkatan minat bersekolah.

    Origenes Munim selaku Direktur Sekolah Adat Negeri Papua dalam sesi wawancara menyatakan tahun ini siswa-siswa angkatan pertama SD Inpres Abeale 1 mendapatkan ijazahnya.

    “Tidak menutup kemungkinan tahun-tahun mendatang ijazah dari Sekolah Adat Negeri Papua akan diberikan kepada sekolah lainnya dari semua tingkatan,” ucap Origenes.

    Kegiatan pemberian ijazah pada tahun ini dapat menjadi pelopor kegiatan serupa pada tahun selanjutnya. Kegiatan ini berdampak jangka panjang dengan harapan agar nantinya pemberian ijazah Sekolah Adat Negeri Papua dapat diberikan seluruh angkatan di sekolah-sekolah yang lain.

    Origenes juga menambahkan ijazah ini bermanfaat agar pada siswa dapat mendaftar sekolah tingkatan selanjutnya seperti SMP, SMA ATAU SMK. Berkat adanya pemberian ijazah ini para siswa dapat memenuhi salah satu persyaratan dalam pendaftaran sekolah lanjutan. Di ijazah ini juga terdapat nilai agar para siswa dapat melanjutkan sekolah untuk mendaftar di sekolah-sekolah formal. Hal ini dilakukan sebagai bukti keseriusan upaya peningkatan kualitas pendidikan di Papua.

    “Dan ijazah ini bisa dipakai mendaftar ke semua sekolah lanjutan contohnya SMP, dan tahun-tahun mendatang sekolah-sekolah SMP, SMP/SMK akan memintai nya sebagai persyaratan mendaftarDengan adanya nilai tersebut dan ijazah dari kami, siswa bisa mendaftar ke sekolah formal,” ujarnya.

     

    Origenes menegaskan bahwa ijazah sebagai identitas  para siswa pernah bersekolah. Terdapat 10 mata pelajaran bermuatan lokal yang diajarkan. Para siswa dididik dengan pembelajaran terkait budaya dan adat istiadat setempat guna menimbulkan kesadaran pentingnya pelestarian adat budaya.

    "Ijazah dari kami itu menandakan bahwa siswa tersebut pernah bersekolah di sini dan belajar mengenai bahasa, budaya dan adat istiadat masyarakat adat Buyakha atau Sentani di mana sekolah itu berada,” pungkasnya.

     

    Reznu Altifan Ramadhan/GJF


    Author

    Admin