BLANTERORBITv102

    Mahasiswa PBSI Uhamka Lakukan PLP 2 di SMPN 179 untuk Implementasikan Keilmuan

    Rabu, 11 Oktober 2023

     


    Penadigital.id
    Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Prof. DR. HAMKA (Uhamka) sedang aktif dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 2 di SMPN 179 Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas akademik yang diberikan oleh kampus kepada mahasiswa PBSI Uhamka.

     

    SMPN 179 Jakarta menerima mahasiswa PBSI Uhamka dengan tangan terbuka untuk melakukan PLP 2 di sekolah mereka. Sekolah ini memiliki kebijakan yang mendukung mahasiswa yang ingin melaksanakan magang di SMPN 179 Jakarta.

     

    Menurut Wakasek Bidang Kurikulum, Nunung Suwarningsih, kegiatan PLP 2 ini baru pertama kali dilakukan di sekolah, maka pihaknya tidak akan menyulitkan mahasiswa yang akan melakukan PLP 2.

     

    "Kami tidak akan mempersulit mahasiswa yang ingin melaksanakan kegiatan PLP 2 di sekolah ini, karena belum ada yang melaksanakan kegiatan serupa sebelumnya."

     

    SMPN 179 sudah sering menerima mahasiswa, terutama dari Uhamka, untuk melaksanakan PLP 2. Selain Bahasa Indonesia, mahasiswa juga melakukan PLP 2 dalam bahasa Inggris dan matematika di sini.

     

    Mahasiswa PBSI Uhamka akan menjalani PLP 2 di SMPN 179 selama empat bulan. Ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya berlangsung selama dua bulan. Kegiatan PLP 2 dimulai dari tanggal 2 Oktober 2023 hingga 20 Februari 2023, sesuai dengan surat yang diterima sekolah.

     

    Nunung Suwarningsih menjelaskan bahwa setiap mahasiswa PBSI Uhamka yang menjalani PLP 2 di SMPN 179 Jakarta diberikan tugas untuk mengajar. Mereka melakukan observasi terlebih dahulu dan membuat perencanaan pembelajaran yang didampingi oleh guru pamong.

     

    "Setiap mahasiswa kami beri tugas untuk mengajar satu kelas di kelas 7 yang didampingi oleh guru pamongnya. Mereka memulai dengan observasi, kemudian membuat perencanaan pembelajaran, penilaian, dan tindak lanjutnya," tuturnya.

     

    Dalam kegiatan PLP 2 kali ini, mahasiswa PBSI Uhamka juga membantu guru-guru lainnya dalam menjalankan piket dan melakukan kegiatan pembiasaan sehari-hari sebagai bagian dari tugas yang diberikan oleh sekolah.

     

    Nunung Suwarningsih mengekspresikan kesan positifnya terhadap mahasiswa PBSI Uhamka yang menjalani PLP 2 di SMPN 179 Jakarta. Menurutnya, mahasiswa tersebut tampil dengan baik, sopan, rapi, dan layak menjadi seorang guru.

     

    Ia juga memiliki harapan bahwa mahasiswa akan menjadi guru yang baik dan profesional di masa depan.


    "Harapan saya adalah agar mahasiswa dapat menjalani PLP 2 dengan baik, disiplin, mengikuti semua aturan SMPN 179, dan lebih penting lagi, menerapkannya dalam kehidupan masyarakat sebagai guru yang baik dan profesional," tambahnya.

     

    Ketua kelompok PLP 2 PBSI Uhamka, Iqbal, mengatakan, tujuan dari PLP 2 yaitu untuk memenuhi persyaratan kami untuk lulus.

     

    "Kami melakukan PLP 2 di sini untuk memenuhi persyaratan kami untuk lulus."

    (Umar Syaid/adp)


    Author

    admin adp