BLANTERORBITv102

    Kemendikbudristek Menyiapkan Platfrom Merdeka Mengajar Bagi Para Guru

    Selasa, 17 Oktober 2023


     Penadigital.id - Kementrian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Bersama dengan Biro Kerja Hubungan Masyarakat dan Komunitas mengadakan kegiatan Lokakarya yang dalam pengenalan system pembelajaran inovatif di wilayah Maluku. (17/10/2023)

     

    Kegiatan ini dihadiri oleh para kepala sekolah, guru-guru dan tenaga kependidikan yang berasal dari seluruh jenjang Pendidikan dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA yang berasal dari wilayah Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara dan juga Kabupaten Kepulauan Aru.

     

    Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah bagi para guru dan tenaga kependidikan yang berada di wilayah terpencil di Maluku dalam menerapkan pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan teknologi dan fasilitas yang terbatas lewat basis Pendidikan Kurikulum Merdeka.

     

    Nunuk Suryani selaku Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengatakan bahwa guru memiliki kesempatan belajar melalui platform Merdeka Mengajar, baik yang berada di wilayah perkotaan hingga bahkan wilayah terpencil.

     

    “Semua guru harus diberikan kesempatan dalam belajar menggunakan platform Merdeka Mengajar yang diperuntukan bagi guru dalam menciptakan system pembelajaran yang inovatif. Tidak mesti bagi wilayah perkotaan, tetapi juga untuk wilayh pedesaan terpencil pun harus mendapat kesempatan tersebut agar Pendidikan di Indonesia dapat berkembang dengan baik.” Ucapnya.

     

    Ketika hal ini terus terjadi secara konsisten, makan pendidikan di seluruh Nusantara akan sama ratanya, dan inilah tujuan sesungguhnya dari para guru dan tenaga pendidikan yang berdaya dalam pembelajaran, tambahnya.

     

    Nunuk juga mengharapkan konsistensi para guru dan tenaga Pendidikan dalam mempertahankan semangat minat mereka dalam menguasai system pembelajaran Merdeka Mengajar ini agar teciptanya pemerataan Pendidikan di Indonesia.

    “Hal ini perlu dikonsistenkan dalam menciptakan pemerataan Pendidikan di seluruh Indonesia sehingga semuanya bisa maju lewat kemauan dan minat semangat para guru dan tenaga kependidikan dalam menguasai system pembelajaran inovqatif lewat platform Merdeka Mengajar.” Pungkasnya

     

    Kemendikbudristek akan selalu menghadirkan alat bantu teknologi dalam memdekatkan para guru dengan sumber belajar mengajar mereka sehingga dapat memberikan kemudahan lewat pemanfaatannya untuk menciptakan Pendidikan yang Inovatif, Maju dan rata diseluruh wilayah Indonesia.

     

    Iklima Nur Ikhsani/GJF


    Author

    Admin