BLANTERORBITv102

    Demi Meningkatkan SDM & Beasiswa Berkualitas, Kemenku Rancang Dana Pendidikan Mencapai Rp660,8 Triliun

    Minggu, 15 Oktober 2023


     Penadigital.id - Pemerintah telah menetapkan anggaran Pendidikan senilai Rp 660,8 triliun demi terciptanya SDM unggul yang pintar, kreatif, jujur, dan bisa bersaing dalam mencapai visi Indonesia Emas tahun 2045. (15/10/2023)


    Dalam menghadapi era Revolusi 4.0 dengan kemajuan teknologi digital dan dimulai era Society 5.0, Pemerintah melakukan Upaya dengan penilaian terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengikuti perkembangan era digital yang semakin modern.

    Perguruan  tinggi menjadi sektor utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam Pembangunan ekonomi yang berbasis dengan pengetahuan teknologi, digital dan kemajuan lewat inovasi.

     

    Pemerintah berupaya dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas lewat pengalihan dana APBN Tahun 2024 sebesar 20% atau setara Enam Ratus Enam Puluh Triliun (Rp 660,8) dalam mewujudkan visi tersebut dalam menciptakan Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti.

     

    Anggaran tersebut akan digunakan dalam mendukung Program-Program Pendidikan yang bermutu dalam meningkatkan keterampilan guru-guru dan tenaga Pendidikan serta sarana prasarana fasilitas sekolah. Dana tersebut juga sebagai pengoptimalisasian angka Pendidikan lewat peningkatan jumlah siswa yang berprestasi dengan diadakannya Program Beasiswa Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar jenjang Perguruan Tinggi (KIP Kuliah) dan lainnya. Program tersebut diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia yang unggul, kreatif, jujur, dan berdaya saing global.

    Isa Rachmatarwata selaku Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan bahwa peningkatan kualitas Pendidikan tidak hanya berfokus kepada siswa, guru dan tenaga kependidikan di wilayah kota, namun juga untuk seluruh diwilayah Indonesia.

     

    Peningkatan kualitas Pendidikan akan berfokus kepada tingkat kesejahteraan guru dan tenaga Pendidikan, juga jatah Pendidikan bagi para siswa dan peningkatan fasilitas infrastruktur sekolah yang lebih baik. Peningkatan ini tidak hanya di wilayah kota, tetapi juga untuk daerah terpencil juga  di semua jenjang Pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM yang berdaya saing tinggi, penuh dengan inovasi, dan cerdas juga kreatif.” Ucap Isa.

     

    Isa juga menambahkan bahwa perluasan beasiswa akan dilakukan dalam menciptakan Pendidikan yang merata diseluruh jenjang lewat anggaran yang ditetapkan pemerintah dengan bantuan dana Pendidikan dan juga bantuan dana social bagi siswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi.

     

    “Beasiswa akan mereka terus digencarkan dalam memberikan Pendidikan yang merata bagi seluruh elemen Masyarakat sehingga dapat menempuh Pendidikan yang berkualitas dalam menciptakan SDM yang bermutu. Bantuan tersebut mencakup dana social dan Pendidikan bagi Masyarakat yang kurang mampu dari anggaran yang telah ditetapkan pemerintah untuk tahun 2024 sebesar Tiga Puluh Lima koma Sembilan Empat Triliun (Rp 35,95 Triliun) lewat program beasiswa seperti PIP, KIP, dan Lainnya.” Pungkasnya.

     

    Mahesa Azzahra/GJF


    Author

    Admin