BLANTERORBITv102

    Ciptakan Pembelajar Maju Berbasis Digital, Kemendikbud Ristek Ciptakan Platform Belajar Digital Bersama Google

    Jumat, 22 September 2023


     Penadigital.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI meluncurkan platform program baru dalam menopang Pendidikan melalui kemajuan teknologi yang belajar.id, dimana merupakan kerja sama antara Kemendikbud Ristek dengan Google for Education untuk menciptakan sistem pembelajaran digital. (22/09/2023)

     

    Google for Education telah menjadi mitra Kemendikbud Ristek dalam memajukan Pendidikan Indonesia sejak didirikan pada tahun 2019, dimana Pendidikan Indonesia yang masih menggunakan sistem pembelajaran tradisional menuju ke transformasi pembelajaran modern yang berbasis digital.

     

    Olivia selaku Pimpinan Google for Education Perwakilan Indonesia dengan diluncurkan platform Belajar.id diharapkan dapat membantu siswan untuk belajar dengan sendiri dan mandiri dalam mencari informasi dan ilmu yang akan mereka cari dalam mendukung sistem pembelajaran di sekolah sebagai sumber belajar.

     

    “Kami telah bekerja sama dengan Kemendikbud Ristek sejak 2019 dalam pemanfaatan teknologi Google untuk menopang kemajuan Pendidikan di Indonesia dan sebagai sumber bahan belajar dan mencari informasi bagi siswa, sehingga siswa dapat lebih mandiri. Kami juga sedang mengembangkan produk-produk Google lainnya seperti Google Maths, Youtube, dan Android untuk memajukan sistem Pendidikan dari yang awalnya masih tradisional, menjadi lebih modern lewat pembelajaran digital.” Tutur Olivia.

     

    Olivia juga menegaskan bahwa penggunaan teknologi ini sebagai penopang dalam membantu para guru dan murid untuk mencari dan mempelajari bahan-bahan belajar dari materi Pelajaran yang akan dibahas, sehingga siswa sudah mempersiapkan materinya dan memperkuat pemahaman melalui penyampaian guru di kelas.

     

    “Penggunaan teknologi ini sebagai alat dalam membantu siswa untuk mencari bahan mata Pelajaran yang akan dibahas, sehingga siswa sudah memiliki gambaran mengenai materi Pelajaran yang akan dibahas dan akan mempermudah kerja guru dalam menyampaikan materi langsung kepada intinya, tanpa harus berbelit-belit. Bukan sebagai pengganti sistem pembelajaran yang ada di sekolah yang menggantikan guru dan bahan materi yang dicari siswa agar mereka jadi mandiri. Kami juga sedang mengenbangkan Google Chrome agar dapat digunakan oleh para siswa mengakses buku digital atau E-Book dalam mempelajari materi di rumah.” Ucapnya.

     

    Beberapa wilayah di Indonesia sudah terintegrasi dalam menggunakan sistem pembelajaran digital yang dikenalkan oleh Google for Education. Wilayah tersebut mencakup Kabupaten Situbondo dan Kota Madiun, Jawa Timur sebagai salah satunya untuk pembelajaran sekolah tingkat SMP dalam mengimplementasikan penggunaan Google Chromebook dan Belajar.id untuk mulai menggunakan sistem belajar berbasis digital terintegrasi.

     

    (GJF)

    Author

    Admin