BLANTERORBITv102

    Telah Bersinergi Hampir 10 Tahun, Uhamka Kembali Jalin MoU bersama Sofia University dengan Memperluas Peluang antara Kedua Universitas

    Selasa, 15 Agustus 2023


    Penadigital.id
    Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan kerja sama dengan Sofia University, Bulgaria dalam rangka meningkatkan mutu kedua perguruan tinggi. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Uhamka dan Sofia University di Ruang Sidang I Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Selasa (15/8).

     

    Agenda ini dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro Rektor Uhamka, Prof Maria Stoichova Pimpinan Sofia University, Anisia Kumala Warek I Uhamka, Purnama Syae Purrohman Dekan FKIP Uhamka, Zulpahmi Dekan FEB Uhamka, Ony Linda Dekan FIKES Uhamka, Nurlina Rahman Plt. Wakil Dekan I FISIP Uhamka, Gufron Amirullah ketua LPPM Uhamka, Herri Mulyono Ketua UPPI Uhamka, Muntazimah Sekretaris Unit Kerjasama, Pahman Habibi Kepala Divisi Kerjasama Dalam Negeri dan Luar Negeri Unit Kerjasama, serta Stakeholder Uhamka lainnya.

     

    Dalam sambutannya Prof Gunawan Rektor Uhamka menyambut baik kerja sama antara Uhamka dan Sofia University, sebelumnya Uhamka telah bersinergi dengan Sofia University hampir 10 tahun. Berharap pembaruan MoU ini bisa memperluas peluang sinergi yang terjalin sehingga memperkuat potensi yang dimiliki oleh kedua universitas. 

     

    "Uhamka telah bertemu dengan Sofia University hampir 10 tahun dan persahabatan itu terus terjalin hingga saat ini. Banyak yang telah kita kembangkan seperti visiting professor dan pertukaran mahasiswa. Saya pun mengusulkan agar kerja sama ini membuka program dan kegiatan baru dalam upaya peningkatan mutu kedua universitas," ujarnya.

     

    Adapun beberapa peluang kerjasama yang dapat terjalin terbagi beberapa bentuk, diantaranya kesiapan fakultas untuk penelitian, pengajaran, dan diskusi; kesiapan mahasiswa untuk belajar dan meneliti; promosi kesiapan internasional dari fakultas dan mahasiswa untuk kepentingan edukasi; aktivitas penelitian gabungan; dan melakukan magang gabungan.

     

    Prof Maria Stoicheva menjelaskan bahwa tahapan awal kolaborasi penelitian adalah menentukan daerah yang spesifik untuk diangkat sebagai topik pembahasan dari masalah atau isu-isu yang marak terjadi di daerah tersebut agar bisa ditemukan pemecahan masalahnya. Hal tersebut merupakan upaya universitas sofia dalam menyelenggarakan kolaborasi penelitian sebagai jalan mewujudkan perubahan baik dalam pendidikan maupun pengetahuan sosial.

     

    "Tahap awal adalah mencari area yang spesifik untuk diteliti dan sebagai tempat penelitian dalam menemukan isu dan masalah yang menjadi topik pembahasan. Topik isu bisa dikirim langsung ke saya untuk bisa memulai kerja sama dalam penelitian nanti. Kami berharap kolaborasi dengan asean dalam penelitian. Publikasi dalam mencari ketertarikan terhadap isu yang ingin diteliti oleh peneliti dalam memecahkan masalah di masyarakat,” ucapnya.

     

    Maria juga menambahkan bahwa proyek penelitian kolaborasi bersama sofia university dan beberapa universitas eropa, akan diperluas kerjasamanya hingga menyentuh target proyek penelitian hingga 41 proyek sampai tahun 2026 nanti.

     

    "Dalam Kepentingan Pemahaman Internasional untuk penelitian social science and humanity yang proyeknya dibiayai oleh negara untuk kedepannya tahun 2026 dan berencana untuk bekerja sama dalam penelitian dan publikasi. Kami berharap kolaborasi dengan asean dalam penelitian juga terutama dibiayai penelitian. 41 Proyek yang akan dibiayai oleh Eropa untuk kolaborasi dalam penelitian dalam perubahan lingkungan dan sosial. Dalam memecahkan masalah sosial di masyarakat mengenai isu-isu yang sedang marak dibahas apalagi sekarang masalah lingkungan menjadi problematika besar yang dihadapi oleh masyarakat dan lewat peran penelitian ini diharap dapat membawa perubahan yang lebih positif bagi masyarakat. Sejauh ini Sofia University telah bekerja sama dengan 10 universitas di Eropa dalam penelitian membawa perubahan ini," paparnya. 


    Author

    admin adp