BLANTERORBITv102

    Sebarkan Pentingnya Edukasi Seksual Berbasis Agama, Tim Pengmas Psikologi Uhamka Berikan Psikoedukasi

    Rabu, 09 Agustus 2023


    Penadigital.id
     - Mahasiswa dan dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian masyarakat yaitu Psikoedukasi di SMA Muhammadiyah 8 Ciputat, Sabtu (22/7).


    Acara ini turut diikuti oleh beberapa dosen Psikologi Uhamka diantaranya Mahesti Pertiwi, Bahrudin, Ajheng Mulamukti. Serta mahasiswa Psikologi Uhamka yaitu Empi Wanda Hamidah dan Esty Ajeng Lestari.


    Mahesti Pertiwi selaku dosen Psikologi Uhamka menyampaikan analisa permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan diantaranya kurangnya materi terkait edukasi seksual yang relevan dengan tingkat usia dan perkembangan siswa, kurangnya informasi mengenai edukasi seksual berbasis agama, kurangnya pemahaman mengenai dampak paparan konten seksual negatif dari sisi kesehatan fisik maupun psikologis, serta kurangnya pemahaman akan langkah tepat dalam menghadapinya.



    "Untuk menjawab permasalahan tersebut maka kami memberikan pemahaman dan penyadaran lebih mendalam terhadap para remaja khususnya siswa SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Sehingga dengan diadakannya kegiatan psikoedukasi ini dapat memberikan solusi kepada mitra dalam upaya pencegahan, penyadaran dan pemahaman mengenai pentingnya edukasi seksual berbasis agama. Kegiatan psikoedukasi seperti ini dapat menjadi salah satu peran kunci dalam mengatasi permasalahan pornografi. Dengan memberikan pemahaman yang tepat maka dapat membantu melindungi generasi muda dari resiko dan konsekuensi negatif yang akan timbul. Diharapkan dengan edukasi ini siswa–siswi dapat berkembang ke arah yang lebih positif.Tentunya kegaiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk membangkitkan kesadaran semua pihak baik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah," tutur Mahesti.


    Author

    admin adp