BLANTERORBITv102

    Prodi Magister PEP Sekolah Pascasarjana Uhamka Turut Serta Tingkatkan Kompetensi Tutor PKBM 03 Cilincing melalui Program Pengabdian Masyarakat

    Rabu, 23 Agustus 2023

      


    Penadigital.id 
    Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Pelatihan Pembuatan Soal Asesmen Kompetensi Minimum(AKM) berbasis HOTS ini dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Negeri 03 Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (18/8).


    Kegiatan ini dihadiri Ernawati selaku ketua Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan SPs Uhamka yang juga sebagai narasumber, Meliyati selaku Kepala Seksi Paud PMPK dan Shinta Wahjusaputri sebagai narasumber.


    Susarah Lobo selaku Kepala PKBM 03 Cilincing, sangat mengapresisasi kegiatan PKM ini, terlebih kegiatan ini dilaksanakan  di PKBM yang dipimpinnya, karena sangat terasa kebermanfaatannya bagi para tutor atau tenaga pendidik. Kegiatan PKM ini diikuti oleh semua tutor dari PKBM 03 Cilincing.


    ‘Tentu saya sangat mengapresasi kegiatan ini, karena dampak yang dihasilkan nanti bermnfaat untuk warga Cilincing,’ ujar Susarah.


    Selain itu, Ernawati selaku ketua Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan SPs Uhamka  mengatakan, AKM ( Asesmen Kompetensi Minimum ) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Asesmen Nasional. Ada dua kompetensi yang terkandung dalam AKM, yaitu  kompetensi literasi dan numerasi.


    ‘Dua kompetensi ini dianggap penting karena peserta didik perlu mengembangkan keterampilan logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan untuk memahami, memilah, dan menggunakan informasi secara kritis,’ tutur Ernawati.


    Di lain pihak, Meliyati selaku Kepala Seksi Paud PMPK mengatakan rasa senangnya karena adanya kegiatan pelatihan soal AKM ini bermanfaat untuk warga Cilincing.


    ‘’Saya senang sekali dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat menambah wawasan para pendidik di PKBM 03. Usahakan untuk pembahasan soal-soal AKM yang dijelaskan atau diangkat tidak terlalu sulit, karena siswa di PKBM sini agak sedikit tertinggal jadi bisa disesuaikan. Yang terpenting konsep pembuatan AKM berbasis HOTS ini tersampaikan dan bisa dipraktikkan oleh rekan-rekan pendidik di PKBM Negeri 03 Cilincing,’’ tutur Bu Meli.


    Author

    admin adp