BLANTERORBITv102

    Terapkan Model Pembelajaran Internasional dan Integrasi Nilai Keislaman, PGPAUD FKIP Uhamka Selenggarakan Seminar Nasional

    Rabu, 26 Juli 2023


    Penadigital.id - Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Inovasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini melalui Integrasi Nilai Keislaman dan Model Pembelajaran Internasional" yang diselenggarakan di Aula Ahmad Dahlan FKIP Uhamka, Jumat (21/7).


    Seminar nasional ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para akademisi, praktisi, dan pemerhati pendidikan anak usia dini dalam berbagi ide, pengetahuan, serta pengalaman terkait dengan inovasi pembelajaran yang berfokus pada nilai-nilai keislaman dan penggunaan model pembelajaran internasional yang efektif.


    Narasumber seminar ini adalah tokoh-tokoh ternama di bidang pendidikan anak usia dini, yang telah berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan dan penerapan metode pembelajaran yang inovatif. Yang pertama Prof Yuliani Nurani, ahli pendidikan anak usia dini yang telah mendedikasikan karirnya untuk menggali potensi anak dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Beliau memiliki banyak karya penelitian yang dipublikasikan dan diakui secara internasional. Kedua Chandrawaty, pakar pendidikan keislaman dan pengembangan karakter anak usia dini. Ia telah berkontribusi dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dalam kurikulum dan pembelajaran di berbagai institusi. Ketiga, Amelia Ayu Rosalli, seorang praktisi pendidikan anak usia dini yang telah berhasil mengimplementasikan model pembelajaran internasional di dalam kelas-kelasnya. Amelia akan berbagi pengalaman dan best practices dalam menerapkan model pembelajaran yang inspiratif dan inklusif.

     

    Seminar ini berlangsung selama satu hari penuh dan mencakup beragam sesi, seperti presentasi oleh narasumber, diskusi panel, dan sesi tanya jawab interaktif. Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dan berjejaring dengan para ahli dan praktisi dalam bidang pendidikan anak usia dini.

     

    Amelia Vinayastri, Kaprodi PG PAUD dalam sambutannya mengungkapkan guru PAUD berperan dalam menciptakan inovasi pembelajaran, khususnya yang relevan dengan isu pendidikan PAUD.

     

    “Seminar nasional ini diadakan pertama kali secara offline setelah pandemi sehingga menjadi awal yang baik untuk meningkatkan produktifitas akademisi, guru PAUD untuk inovasi dalam hal pembelajaran dan tanggap terhadap isu-isu ke PAUD-an, serta untuk mahasiswa sebagai calon guru untuk menjadi pendidik yang selalu berinovasi. PG PAUD Uhamka juga senantiasa memfasilitasi kegiatan keilmuan secara keilmuan dibidang PAUD,” pungkasnya.

     

    Dalam sambutan sekaligus membuka, Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka mengatakan dunia pendidikan tinggi perlu menggaungkan seminar nasional seperti ini agar dapat menjadi wadah yang baik dalam implementasi pemikiran yang inovatif dan holistik. Ia harap peserta seminar dapat mengambil dan menerapkan konsep yang unggul dalam dunia anak usia dini.

     

    “Seminar Nasional ini dapat menjadi langkah awal dalam merangkul pemikiran inovatif dan holistik dalam pendidikan anak usia dini dengan mempertimbangkan nilai-nilai keislaman dan perspektif global. Kami berharap para peserta dapat memperoleh wawasan yang berharga dan dapat mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks pendidikan anak usia dini di Indonesia,” ujar Desvian.

     

    Seminar ini diselenggarakan guna menjawab perkembangan zaman dan teknologi saat ini dimana  diperlukan kurikulum, model pembelajaran yang mampu menyelaraskan kurikulum berbasis international dengan kurikulum berbasis nilai Islam sehingga dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, aktif, kreatif dan berakhlak mulia. Hal ini tentunya dapat dilaksanakan melalui kolaborasi serta elaborasi berbagai komponen baik lembaga pendidikan, keluarga masyarakat pemerintah dan swasta.

     

    Uhamka sebagai kampus yang telah terakreditasi Unggul serta sebagai kampus Islami peringkat 9 sedunia terus tidak henti-hentinya mengembangan keilmuan khususnya di program studi PG PAUD FKIP Uhamka, dengan adanya kegiatan ini terbukti bahwa inovasi yang dihasilkan akan dikembangkan bagi para pendidik PAUD khususnya mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka, mari bergabung bersama PG PAUD Uhamka melalui tautan berikut https://uhamka.ac.id/reg/


    Author

    Admin