BLANTERORBITv102

    FEB Uhamka Membangun Self Leadership yang Kuat Bersama Siswa – Siswi SMK Negeri 31 Jakarta

    Senin, 31 Juli 2023

      


    Penadigital.id
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat dengan tema Membangun Self Leadership yang Kuat: Teknik meningkatkan self-awareness, self-management & public speaking  di SMK Negeri 31 Jakarta, Kamis (27/7).

     

    Tujuan kegiatan  ini untuk membangun serta mengerakkan  masyarakat, mahasiswa bahkan siswa – siswi dengan memberikan edukasi – edukasi kepemimpinan (Self Leadership) serta public speaking kepada OSIS – OSIS di sekolah tersebut.

     

    Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kelompok 3 yang dibimbing oleh  Sumardi selaku dosen pembimbing. Kegiatan seminar ini diikuti oleh OSIS kelas XI yang berjumlah 26 dan Calon OSIS kelas X berjumlah 57, total keseluruhan peserta dalam mengikuti kegiatan seminar ini adalah 84 siswa dan siswi dari SMK Negeri 31 Jakarta dengan berbagai jurusan yang berbeda seperti; Akuntansi, DKV, Animasi, dll. Kegiatan seminar ini berlangsung di aula SMK N 31 Jakarta.

     

    Muhammad Raihan Adzdzikrulloh selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa melalui seminar ini siswa-siswa akan mendapatkan bekal awal untuk menjadi seorang pemimpin yang berani menyampaikan aspirasi.

     

    “Dengan adanya kegiatan seminar ini, menjadi bekal awal kalian untuk menjadi seorang pemimpin yang berani menyampaikan aspirasi serta tidak malu untuk menujukkan public speakingnya di depan umum,” tutur Raihan.

     

    Selanjutnya, Irsyad Ali Amin selaku narasumber PKM pemateri pertama menyampaikan, dengan adanya kegiatan seminar ini bertujuan untuk membentuk karakter jiwa kepemimpinan bagi siswa dan siswi SMK Negeri 31 Jakarta kedepan khusunya siswa/i kelas X dan XI yang mengikuti organisasi di sekolahnya.

     

    “Ada orang yang beranggapan bahwa seorang pemimpin itu dilahirkan, artinya seseorang yang memang sudah berbakat untuk menjadi pemimpin. Namun, ada juga jiwa kepemimpinan yang dibentuk, artinya semua orang bisa saja menjadi pemimpin, asalkan dia sudah dibekali dengan ilmu tentang kepemimpinan,” ujar Irsyad.

     

    Di lain pihak, Muhammad Raihan Adzdzikrulloh selaku ketua pelaksana sekaligus pemateri kedua mengatakan, public speaking merupakan seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan untuk menyampaikan ide gagasan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan di depan audiens. Menurutnya, sebelum memulai public speaking kita mesti mengenal skill public speaking yang harus di kuasai ada tiga poin.

     

    “Pertama kemampuan menyampaikan point penting, kedua ada gaya komunikasi luwes dan santai, dan yang ketiga kemampuan bahasa tubuh untuk berbicara. Tidak hanya memaparkan materi, Raihan juga tidak segan membagikan beberapa pengalaman nya ketika harus melakukan public speaking,” kata Raihan.


    Author

    admin adp