BLANTERORBITv102

    USAID, AWS, dan Elitery Rilis Program Talenta, Targetkan 60 Ribu Lulusan Siap Kerja Dari 20 Universitas

    Senin, 17 April 2023


    Penadigital.id
    - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat atau United States Agency for International Development (USAID), Amazon Web Services (AWS), dan Elitery (penyedia layanan teknologi informasi) meluncurkan program Talenta pada 13 April 2023.

     

    Talenta atau Percepatan Transformasi Indonesia ke Ekonomi Digital dengan Meningkatkan Bakat Digital bertujuan untuk melahirkan 60.000 lulusan siap kerja dari 20 universitas, serta 100 startup digital.

     

    Program ini telah menjalin kerja sama dengan berbagai universitas untuk mengembangkan tenaga kerja di bidang teknologi cloud computing di Indonesia dengan meningkatkan keterampilan digital para mahasiswa, dosen, dan universitas.

     

    Nantinya, program ini juga akan membentuk Cloud Landing Zone untuk para pahlawan digital di mana AWS bisa membantu startup dan usaha kecil dan menengah (UMKM) dengan memberikan tantangan untuk berinovasi, dukungan, dan mengembangkan AWS Cloud.

     

    Diharapkan dengan meningkatkan kemampuan di bidang komputasi awan (cloud computing), program Talenta akan membantu meningkatkan keterampilan dan meningkatkan akses startup ke pendanaan.

     

    Hasilnya, kolaborasi ini dapat membantu menumbuhkan bisnis lokal dan mendorong ekonomi digital Indonesia, memastikan mata pencaharian jangka panjang yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

     

     “Amerika Serikat gembira bisa bekerja sama dengan AWS dan Elitery untuk memperkuat tenaga kerja digital Indonesia,” ungkap Direktur USAID Indonesia, Jeff Cohen.

     “Keterampilan penting ini akan membantu pekerja dan usaha kecil dan menengah di Indonesia semakin berkembang di pasar digital yang terus tumbuh," tambahnya.

     

    Pada kesempatan yang sama, Mohammad Ghozie Indra Dalel, Country Manager, Worldwide Public Sector, Indonesia, AWS, menyampaikan, “Kami senang bekerja sama dengan USAID dan AWS Partner, Elitery untuk mendukung program Talenta."

     

    "Di Indonesia, AWS telah berkomitmen untuk memberdayakan ratusan ribu orang Indonesia dari semua latar belakang dengan kecakapan cloud untuk tahun 2025, dan lebih dari 400.000 orang Indonesia telah dilatih hingga saat ini," tambah Mohammad Ghozie.

     

    "Program Talenta akan semakin memperkuat komitmen jangka panjang kami untuk membantu mendorong inovasi dan menumbuhkan ekonomi digital Indonesia,” tuturnya.

     

    Direktur utama Elitery, Kresna Adiprawira menyatakan, “Elitery berkomitmen penuh dalam mendukung usaha pemerintah Indonesia untuk membangun sumber daya manusia yang terampil dan andal di bidang teknologi digital, terutama teknologi Cloud."

     

    "Kami mendedikasikan keahlian dan kemampuan kami untuk perkembangan industri Cloud di Indonesia, sekaligus berkontribusi pada terciptanya masa depan cerah untuk industri teknologi Indonesia," jelasnya.

     

    "Kemitraan ini akan memperkuat ekonomi Indonesia dengan mempersiapkan lulusan dan usaha kecil dan menengah dalam menghadapi peningkatan digitalisasi pasar di masa depan," tutup Kresna.

     

    (Alifia Angel/adp)


    Author

    admin adp