BLANTERORBITv102

    LP3 Uhamka Gelar PEKERTI Batch 2 guna Dukung Percepatan Peningkatan Kompetensi Dosen

    Kamis, 16 Maret 2023


    Penadigital.id - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melalui Surat Penunjukan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Nomor: 1955/E4/KK.01.01/2021 menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Batch 2 secara hybrid training yakni melalui tatap muka, zoom meeting, dan Learning Management System (LMS) Online Learning Uhamka (OLU) yang dilaksanakan pada tanggal 13-18 Maret 2023.

     

    Kegiatan pelatihan ini dihadiri langsung oleh Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Prof. Abd. Rahman A. Ghani selaku Wakil Rektor I Uhamka, Tri Wintolo Apoko selaku Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran (LP3) Uhamka, para instruktur PEKERTI Uhamka, serta 84 peserta PEKERTI Uhamka yang terdiri dari perguruan tinggi LLDIKTI wilayah 3 maupun peserta dari luar LLDIKTI wilayah 3 seperti dari Aceh, Sumatera Barat, Jayapura, Manokwari, Kupang, Maluku, Pontianak, Kalimantan Utara, Lampung, Yogyakarta, Tasikmalaya, dan Bandung.

     

    Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka membuka kegiatan pelatihan ini secara offline dan menyampaikan harapannya terhadap para peserta PEKERTI Uhamka untuk meningkatkan mutu aktivitas instruksionalnya dalam proses pembelajaran. Selain itu, para peserta juga diharapkan mampu menyiapkan berbagai perangkat pembelajaran mulai dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), bahan ajar, media pembelajaran, dan instrumen penilaian pembelajaran.

     

    “Saya berharap para peserta PEKERTI Uhamka dapat meningkatkan mutu aktivitas instruksionalnya dalam proses pembelajaran dan menyiapkan berbagai perangkat pembelajaran mulai dari RPS, bahan ajar, media pembelajaran, dan instrumen penilaian pembelajaran,” tutur Prof. Gunawan.

     

    Pada hari pertama, kegiatan pelatihan PEKERTI Batch 2 ini dilakukan secara offline di Gedung B, FKIP Uhamka. Dalam hal ini, mata diklat yang diberikan yaitu Landasan Pendidikan, Regulasi Pendidikan Tinggi, serta Perkembangan dan Pembelajaran Orang Dewasa. Disisi lain, kegiatan pelatihan ini disambut baik oleh para peserta diantaranya Amsori selaku peserta PEKERTI Batch 2 memberikan penilaiannya yang positif.

     

    “Narasumbernya kompeten dan ahli pada bidangnya. Selain itu, fasilitas kegiatannya juga memadai dan materi yang diberikan sangat sederhana serta mudah dipahami,” ujar Amsori.

     

    Dilain pihak, Tri Wintolo Apoko selalu Ketua LP3 Uhamka sekaligus ketua panitia pelatihan PEKERTI Uhamka memberikan arahannya kepada para peserta agar mengikuti seluruh rangkaian mata diklat yang diberikan, termasuk menyelesaikan tugas-tugas mandiri yang tersedia di LMS serta praktik keterampilan dasar mengajar yang akan dinilai oleh para instruktur.


    Author

    Admin