BLANTERORBITv102

    Dana Pensiun Uhamka Berikan Tips Berinvestasi Jangka Panjang melalui Seminar

    Sabtu, 18 Maret 2023


    Penadigital.id
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Kuliah Umum dan Penandatanganan MoU antara FEB Uhamka dan Perkumpulan ADPI (Asosiasi Dana Pensiun Indonesia)  secara luring di Aula AR Fachruddin FEB Uhamka, Jum’at (17/3).


    Kegiatan ini dihadiri oleh Zulpahmi selaku Dekan FEB Uhamka, Sumardi selaku Wadek I FEB Uhamka, M. Nurrasyidin selaku Wadek II FEB Uhamka, Edi Setiawan selaku Wakil Dekan III FEB Uhamka, Tohirin selaku Wakil Dekan IV FEB Uhamka, Faizal Ridwan Zamzany selaku Ketua Dana Pensiun Uhamka, Ali Farmadi selaku Ketua Perkumpulan Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI), Budi Sulistijo selaku Direktur Executive Perkumpulan ADPI serta mahasiswa FEB Uhamka.


    Zulpahmi selaku Dekan FEB Uhamka menyampaikan bahwa Uhamka merupakan satu dari enam PTMA yang memiliki dana pensiun. Menurutnya, dana pensiun merupakan hal yang penting sebagai persiapan di masa  tua nanti. Maka dari itu, kuliah umum ini menjadi penting untuk diikuti oleh mahasiswa agar memiliki wawasan yang luas dan dapat lebih siap dalam menghadapi masa tua. Dengan harapan jangan sampai di  masa tua masih harus bekerja keras atau bergantung pada orang lain, oleh karena itu perlu kita siapkan sedini mungkin,” pungkasnya.


    “Tidak banyak perguruan tinggi yang memiliki dana pensiun, di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) khususnya. Uhamka sebagai salah satu perguruan tinggi di lingkungan PTMA telah memiliki Dana Pensiun, yang memiliki tujuan untuk menyiapkan dana di masa tua bagi pegawai maupun para dosen..


    Selanjutnya, Ali Farmadi selaku Ketua Perkumpulan ADPI mengungkapkan bahwa penandatanganan MoU dan MoA ini merupakan langkah perdana bagi Perkumpulan ADPI dengan Perguruan Tinggi yang ada  Tujuan kerjasama ini adalah  untuk membangun sinergi berkelanjutan bagi FEB. Uhamka dan Perkumpulan ADPI, dengan mengadakan seminar nasional tentang edukasi dana pensiun serta program magang yang dapat diikuti oleh mahasiswa FEB Uhamka.  Selain itu beliau juga berharap dengan adanya  sinergi ini, FEB Uhamka dan Perkumpulan ADPI dapat meningkatkan pemahaman terhadap masyarakat mengenai pengertian dan manfaat dari dana pensiun, sehingga masyarakat dapat mempersiapkan masa tuanya dengan baik. Maka penting bagi kita semua untuk memahami manfaat dari dana pensiun,” ujarnya.


    Di akhir acara, Faizal Ridwan Zamzany selaku Ketua Dana Pensiun Uhamka menjelaskan bahwa saat ini Gen Z dan Gen Milenial lebih banyak menghabiskan uangnya untuk transportasi, fashion & aksesoris, dan hiburan, dimana seharusnya mereka mulai menyisihkan penghasilannya untuk dana darurat yang dapat digunakan di keadaan yang mendesak. Maka penting bagi generasi muda untuk menyiapkan hal tersebut sejak awal dengan berinvestasi. Namun sebelum itu, beliau menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa atau masyarakat sebelum memulai berinvestas, intinya adalah “Toleransi terhadap risiko dan Pahami profil resiko, dan ketika berinvestasi jangan ikut-ikutan terhadap suatu hal. Misalkan jika anda memiliki profile aggressive maka  anda bisa bermain di saham atau reksadana saham, namun jika anda konservatif bisa berinvestasilah  di deposito atau membeli logam mulia,” lanjutnya.


    Author

    admin adp