BLANTERORBITv102

    Sumbangan Rp 1 Miliar Lebih Dari Disdik Aceh Untuk Korban Gempa Turki

    Senin, 27 Februari 2023


    Penadigital.id 
    Keluarga Besar Pemerintah Dinas Pendidikan Aceh memberikan donasi sebesar Rp.1.003.500.000 (Satu Miliar Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) kepada korban gempa Turki. 

     

    Bantuan senilai Rp 1 miliar lebih itu diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM kepada Kalak Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Dr. Ilyas, MP disaksikan Kepala Bappeda Aceh, Dr. Ahmad Dadek, SH.,MH, dan Ketua Forum PRB Aceh, Muhammad Hasan, S.Si., M.Si di Aula Dinas Pendidikan Aceh, Jumat, 24 Februari 2023.

     

    Alhudri mengatakan, sumbangan ini berasal dari keluarga besar Dinas Pendidikan Aceh yang ada di seluruh kabupaten/kota Aceh. Kontribusi ini dilakukan untuk memberikan motivasi bahwa Turki memiliki hubungan dekat dengan Aceh.

     

    Donasi yang terkumpul sebesar Rp 1.003.500.000 meliputi Kantor Dinas Pendidikan Aceh bersama 2 Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) sebesar Rp 41.500.000, Cabang Dinas Pendidikan Rp 35,875 juta dan Pengawas sekolah se Aceh Rp 20 juta.

     

    Selain itu dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se Aceh sebesar Rp 658.275.500, MKKS SMK se Aceh Rp. 217.052 juta dan Marching Band Gita Handayani Rp 27.800.000.

     

    Donasi tersebut kemudian bertambah di sela-sela melakukan penyerahan, yaitu dari salah seorang undangan yang tidak mau disebutkan namanya sebesar Rp1.500.000 dan MKKS Sekolah Luar Biasa (SLB) se Aceh sebesar Rp 2 Juta.

     

    Alhudri mengatakan, meski bantuan ini tidak seberapa, namun ia yakin dana tersebut berasal dari orang-orang yang sangat ikhlas, baik itu karyawan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, siswa dan juga masyarakat Aceh. yang tergerak hatinya untuk berdonasi kepada masyarakat Turki yang menjadi korban gempa bumi di Turki.

     

    “Hari ini giliran saudara kita yang tertimpa musibah. Mungkin bantuan ini tidak seberapa yang kita berikan, tapi yang paling penting rasa sakit mereka itu juga rasa sakit kita. Nah kesedihan mereka itu juga kesedihan kita, ini yang perlu kita garis bawahi, apalagi Aceh memiliki sejarah panjang dengan Turki,” tutur Alhudri.

     

    “Hari ini sudah terkumpul lebih dari Rp 1 miliar, maka langsung kami serahkan ke BPBA bersama sebagai pihak yang diberi mandat untuk mengumpulkan dana tersebut,” lanjutnya.

     

    Sementara itu, Kalak BPBA, Ilyas menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Dinas Pendidikan Aceh yang ikhlas membantu para korban gempa di Turki.

     

    Ilyas menuturkan bahwa Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki sangat prihatin dengan gempa yang terjadi di Turki. Menurut Ilyas, sehari setelah gempa di Turki, Pj. Gubernur langsung mengundang pihaknya ke BPBA untuk mengumpulkan donasi kemanusiaan baik dari instansi pemerintah, instansi vertikal, BUMN dan BUMD.

     

    “Bantuan ini atas nama masyarakat Aceh bukan Pemerintah Aceh. Nantinya akan kita koordinasikan dengan lembaga resmi, apakah nanti melalui Kedutaan Turki di Indonesia. Pastinya, ini kan negara ke negara,” tutupnya.

     

    Bantuan ini kata Alhudri, dipastikan tidak akan berhenti di 1 miliar, ia berharap akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

     

    Perlu diketahui, pada saat penyerahan donasi dari Keluarga Besar Dinas Pendidikan Aceh juga dihadiri oleh Ketua MKKS SMA dan Ketua MKKS SMK, Perwakilan Cabang Dinas, Koordinator Pengawas Sekolah, Ketua Pembina Utama Marching Band Gita Handayani, Dekan FKIP USK, para pejabat Eselon III dan Dinas Pendidikan Aceh, serta sejumlah para undangan. 


    (Nanda/adp)


    Author

    admin adp

    1. Apa pesan penting yang ingin disampaikan oleh Disdik Aceh kepada masyarakat Aceh dan seluruh Indonesia terkait sumbangan ini dan semangat gotong-royong? salam : Tel U

      BalasHapus