BLANTERORBITv102

    Rektor Uhamka Ungkap Lulusan Uhamka Mempunyai Keterampilan Manajer yang Baik

    Minggu, 12 Februari 2023

    Penadigital.id - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana, dan Ahli Madya tahun 2023 dengan tema Generasi Unggul untuk Indonesia Berkemajuan secara luring di Nusantara Hall Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten, Sabtu (10/2).

     

    Momentum berbahagia ini dihadiri oleh Prof Gunawan Rektor Uhamka, anggota senat Uhamka, Prof Abdul Mu’ti Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Irwan Akib  Ketua PP Muhammadiyah, Paristiyanti Kepala LLDIKTI III Jakarta, Prof Ahmad Thib Raya Kopertais Wilayah I DKI Jakarta dan Banten, Prof Lincolin Arsyad Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta para wisudawan yang berbahagia.

     

    Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka dalam rangka Wisuda Magister Sarjana dan Ahli Madya tahun 2023 ini sendiri dibagi menjadi tiga sesi dengan total 3.138 lulusan. Sesi pertama dihadiri oleh Fakultas Farmasi dan Sains (FFS), Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), dan Sekolah Pascasarjana Uhamka. Sesi dua diisi oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Kedokteran (FK) Uhamka. Sesi ketiga dihadiri oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Psikologi Uhamka.

     

    Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menuturkan bahwa pada sesi ketiga ini, para peserta wisuda berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Psikologi (FPsi), dan Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Politik dengan jumlah 1.032 wisudawan. Peluang alumni lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis sangat lah banyak. Mereka mampu memberikan kontribusi besar sebagai konsultan dalam bidang manajemen, akuntansi atau juga perpajakan yang tersebar di kementerian-kementerian, perusahaan pertambangan dan juga perbankan. Dilain sisi mereka juga memiliki keterampilan manajer yang baik karena dibekali dengan nilai adversity quotient. Maka untuk memulai bisnis tidak bisa diragukan lagi, alumni FEB Uhamka memiliki bisnis-bisnis dengan omset yang mencapai milyaran rupiah.

     

    "Kemudian, alumni Psikologi Uhamka juga memiliki peluang yang besar dalam dunia kerja terutama dalam dunia bisnis. Misalnya Praktik psikologi privat dengan memulai praktik psikologi privat dan memberikan layanan terapi atau konsultasi bagi individu, keluarga, atau kelompok. Selanjutnya bimbingan dan konseling dengan membuka layanan bimbingan dan konseling dan membantu individu mengatasi masalah emosional dan pribadi. Assesment dan tes psikologi dengan menjalankan bisnis assessmen dan tes psikologi bagi individu, perusahaan, atau sekolah dan banyak hal lagi yang bisa dilakukan bagi lulusan Psikologi. Disamping itu untuk lulusan FISIP dalam dunia bisnis bisa melakukan Agensi komunikasi dengan memulai agensi komunikasi dan membantu perusahaan atau individu dalam membuat dan mengelola strategi komunikasi. Public Relation (PR) dan event organizer dengan bekerja sebagai PR atau event organizer dan membantu perusahaan atau individu dalam mengelola acara dan membuat hubungan dengan media. Selanjutnya konsultan branding,  dengan bekerja sebagai konsultan branding dan membantu perusahaan dalam membuat dan memperkuat merek atau juga. Terakhir pada bidang Jurnalistik Bekerja sebagai jurnalis dan menulis berita dan artikel untuk media massa," tutur Prof Gunawan.

     

    Sementara itu di lain pihak, Prof Ahmad Thib Raya selaku Kopertais Wilayah DKI Jakarta menyampaikan bahwa pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan akan jauh lebih luas pengetahauan yang nantinya akan didapat dari masyarakat, dan itu juga menjadi sebuah  tantangan dalam perjalanan kehidupan terdapat 3 kecerdasan yang harus dimiliki dalam setiap orang  diantaranya, kecerdasan spiritual, kecerdasan professional dan kecerdasan sosial.

     

    “Luasnya pengetahuan yang saudara dapat selama kuliah nantinya akan jauh lebih luas saudara dapat dari masyarakat dan masyarakat nanti akan menguji dari segala materi serta penjuru, maka dari itu harus selalu menyiapkan diri dengan pengetahuan yang lebih luas dan ada 3 kecerdasan yang saudara harus miliki dalam bergaul dengan masyarakat yakni kecerdasan spiritual, yang dimanapun saudara berada harus menjaga hubungan dengan Allah swt, yang ke dua kecerdasan professional harus bekerja secara profesional dan menciptakan pekerjaan yang menguntungkan kecerdasan sosial dimanapun Ananda berada akan bergaul dengan siapapun maka penting untuk terus meningkatakan kompetensi dalam diri dan terus mengembangkan skill dan pengetahuan,” ujar Prof Thib.


    Author

    Admin