BLANTERORBITv102

    Dosen PBI Uhamka: Mengabdi Bersama Pembicara dari 3 Benua

    Selasa, 07 Februari 2023

      


    Penadigital.id
     - Dosen PBI UHAMKA
     di awal tahun 2023 menjadi salah satu dari 6 Narasumber  di webinar internasional NILE TESOL TEYL SIG “Blended Learning in EFL Classes”. Ketua pelaksana dan narasumber PKM Batch1, LPPM UHAMKA , Dr. Ir. Suciana Wijirahayu, M.Pd. menambahkan bahwa webinar tersebut diikuti oleh dosen, guru, dan mahasiswa yang berasal dari 3 benua.

    Pengabdian di bulan Januari dilanjutkan dengan menjadi salah satu Keynote Speaker di Seminar Nasional Asosiasi Dosen PkM Indonesia (SNAMUN) ke 6 yang dilaksanakan pada 7-8 Januari 2023 bertema ‘Peningkatan SDM di Era Digital melalu Pengabdian kepada Masyarakat’.

    Welcoming Speaker dari SNAMUN ke 6 ADPI adalah Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr. IPU, Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbud Ristek. Seminar yang diselenggarakan secara virtual, diikuti oleh Dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sebagai presenter. ADPI juga memberikan apresiasi kepada dua team dosen PBI UHAMKA sebagai best presenter.

    Pelaksanaan Abdimas bersama Mitra ADPI yang telah dipersiapkan di awal September 2022 diwujudkan dan dilanjutkan dengan mengabdi sebagai Plenary Speaker di PKM Online Series Internasional Multidisiplin ADPI Batch 9 di akhir Januari 2023. Dosen UHAMKA berperan aktif bersama Narasumber dari berbagai universitas di Indonesia dan dari mancanegara, demikian Dr. Suciana menambahkan.

    Peningkatan SDM di Era Digital melalui Pengabdian kepada Masyarakat diaplikasikan dengan pelaksanaan Abdimas Batch 1 Internal LPPM UHAMKA 2023 bermitra dengan Sekolah Dasar Islam Darul Mukminin. Setelah mengikuti PKM OSA Internasional Batch 9 secara virtual, para Guru dari sekolah mitra, mendapatkan pendampingan di sekolah. Pelatihan secara hybrid dilaksanakan  luring di sekolah mitra PKM, dilanjutkan dengan pendampingan bertema: “ Pengembangan Literasi dan Kreatifitas Guru melalui Penulisan e-Book dan Chatbot di Sekolah Dasar”. Diantara narasumber di pendampingan adalah Ibu Emilia Roza, M.Pd., MT. sebagai bagian dari pelaksana Abdimas.

    Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terselenggara dengan dukungan dari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA, Dr. Desvian Bandarsyah, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Bapak Silih Warni, Ph.D, Ketua Lembaga Penelitian UHAMKA, Dr. apt. Supandi, M.Si., dan  Ketua LPPM UHAMKA, Dr. Gufron Amirulah berserta jajarannya. Terselenggaranya pengabdian juga berkat dukungan dan kerjasama dengan mitra kami,   Ketua Umum ADPI Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum beserta jajarannya, dan Bapak Amirullah, S.H.I., Kepala Sekolah SDI Darul Mukminin beserta jajarannya. Kami sebagai pelaksana  Abdimas menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan dukungannya.


    Author

    Admin