BLANTERORBITv102

    Dekan FIKES Uhamka Harapkan PBL Kesmas menjadi Wujud Implementasi Visi Kesehatan Perkotaan

    Sabtu, 04 Februari 2023


    Penadigital.id
    - Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) meyelenggarakan  Pengalaman Belajar Lapangan Kesehatan Masyarakat (PBL Kesmas) pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di Kecamatan Pondok Aren dan Serpong, Kota Tangerang Selatann, Banten.

     

    Sebagai langkah awal dari rangkaian perkuliahan tersebut, diadakan sebuah seremoni pembukaan dalam bentuk seminar di Aula Uhamka Kampus Limau pada (1/2).

     

    Ony Linda selaku Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Uhamka  dalam sambutannya menyampaikan agar mahasiswa dapat memanfaatkan PBL Kesmas sebagai wadah belajar untuk mencapai gelar sarjana yang kompeten. Ia juga mengaharapkan PBL Kesmas dapat menjadi wujud implementasi visi kesehatan perkotaan yang diusung Prodi Kesmas FIKES Uhamka.

     

    “PBL Kesmas hadir sebagai wadah belajar untuk mencapai gelar sarjana yang kompeten. Saya berharap PBL Kesmas dapat menjadi wujud implementasi visi kesehatan perkotaan yang diusung oleh Prodi Kesmas FIKES Uhamka,” tutur Ony.

     

    Di dalam kegiatan ini, diberikan juga paparan dari pemangku wilayah di dua kecamatan tersebut, Hendra selaku Camat Kecamatan Pondok Aren dan Syaifuddin selaku Camat Kecamatan Serpong menyampaikan Karakteristik sosisal demografi kedua kecamatan. Sedangkan gambaran masalah kesehatannya, dijelaskan oleh Ridwan selaku Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

     

    Selain itu, kegiatan ini diisi dengan penjelasan tentang peranan Muhammadiyah dalam Kesehatan di Tangerang Selatan khususnya Kecamatan Pondok Aren dan Serpong yang disampaikan oleh dr. Farid Hamzen selaku perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tangerang Selatan.

     

    Sebagai penutup, seminar pembukaan PBL Kesmas dilengkapi dengan penyampaian materi tentang mekanisme penyelenggaraan PBL itu sendiri. Materi disampaikan oleh panitia PBL FIKES Uhamka Tahun Ajaran 2022/2023.


    Author

    admin adp