BLANTERORBITv102

    10 Daftar Universitas Paling Banyak Mencetak CPNS, UT Merupakan PTN dengan Jumlah Alumnus Terbesar Lolos CPNS

    Senin, 27 Februari 2023



    Penadigital.id - Universitas dengan alumnus lolos CPNS terbanyak adalah Universitas Terbuka. UT Merupakan perguruan tinggi yang menghasilkan banyaknya CPNS berdasarkan informasi yang dilansir oleh sebuah lembaga negara.

     

    Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi impian sebagian besar lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Masa Tua yang lebih terjamin dengan tunjangan pensiun menjadi salah satu alasan mereka ungun berkarir sebagai PNS.

     

    Salah satu perguruan tinggi pencetak CPNS terbanyak adalah Universitas Terbuka (UT). Itulah sebabnya banyak lulusan SMA/sederajat yang ingin menjadi PNS, mereka akan berbondong-bondong untuk kuliah di UT.

     

    UT berkomitmen penuh untuk memenuhi amanah tersebut sebagai universitas yang dipercaya oleh pemerintah dan memiliki misi untuk memberikan pendidikan yang setara bagi seluruh warga negara Indonesia. UT merupakan institusi yang berkualitas dan terbukti menjadi universitas penghasil CPNS terbanyak. 

     

    Perguruan tinggi yang diresmikan pada 1984 melalui Keputusan Presiden Nomor 41 Tahun 1984, UT memang dirancang untuk memfasilitasi mereka yang tidak mempunyai kesempatan menyelesaikan studinya di perguruan tinggi karena berbagai hambatan termasuk faktor ekonomi, geografis, dan demografis.

     

    UT hadir untuk menjangkau masyarakat yang tak terjangkau. UT terus mengembangkan diri menjadi institusi pendidikan tinggi yang mempunyai nilai bagi berbagai lapisan masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri. Kualitas lulusan perguruan tinggi tersebut bahkan bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi negeri seperti UI, UGM, ITB dan perguruan tinggi negeri lainnya. 

     

    UT secara konsisten dan konstruktif terus berupaya dan menunjukkan komitmen untuk menjadi penyedia layanan pendidikan terbaik melalui sistem Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ), disesuaikan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi. Komitmen tersebut tercermin dari informasi bahwa UT merupakan perguruan tinggi penghasil CPNS terbaik.

     

    Berikut 10 daftar universitas paling banyak mencetak CPNS yang dilansir dari laman BKN berikut ini:

    1.      Universitas Terbuka (UT)

    2.      Universitas Gadjah Mada (UGM)

    3.      Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

    4.      Universitas Sebelas Maret (UNS)

    5.      Universitas Negeri Semarang (Unnes)

    6.      Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

    7.      Universitas Diponegoro (Undip)

    8.      Universitas Negeri Makassar (UNM)

    9.      Universitas Sumatera Utara (USU)

    10.  Universitas Sriwijaya (Unsri)

     

    Dari 10 daftar universitas tersebut dapat menjadi acuan, bahan pertimbangan sebelum menentukan universitas mana yang akan dipilih. Namun bila merujuk data di atas, UT pastinya memberi peluang yang lebih besar bagi lulusannya untuk lolos CPNS. Selain itu, fakta juga menunjukkan banyak lulusan UT yang memegang jabatan publik. 


    (Nanda/Dyl


    Author

    ADMIN DYL