BLANTERORBITv102

    Uhamka Turut Sukseskan Penyegaran Reviewer Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kerjasama dengan DRTPM

    Selasa, 29 November 2022


    Penadigital.id - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Uhamka) turut bekerjasama dengan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM), Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknik, serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan Penyegaran Reviewer Pengabdian kepada Masyarakat, di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Senin (28/11).

     

    Kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka beserta tim, M. Faiz Syuaib selaku Direktur DRTPM, dan sekitar 60 reviewer pengabdian masyarakat.

     

    Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih karena telah menjadikan Uhamka sebagai mitra dalam kegiatan ini.

     

    "Kegiatan ini akan saling sharing terkait isu-isu pengabdian masyarakat sekaligus menjadi silaturahmi untuk bapak ibu sekalian sehingga tentunya kegiatan ini menjadi berkah untuk kita semua," tutur Rektor Uhamka.

     

    Prof Gunawan menambahkan, bahwa kegiatan ini juga merupakan kebahagiaan bagi Uhamka, terkhusus LPPM Uhamka dengan menggerakkan timnya untuk menyukseskan acara ini.

     

    "Kami berharap melalui kegiatan yang sangat penting ini, Uhamka dapat terus menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya, terkhusus pada bidang LPPM dapat berkolaborasi dengan para reviewer," tambah Prof Gunawan.

     

    Dilain pihak, M Faiz Syuaib mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan kepada para reviewer untuk saling berkenalan sekaligus bertukar pikiran, introspeksi apa yang telah dilakukan, menghadapi tantangan ke depannya, serta menyiapkan cara ataupun solusi dalam pengelolaan kegiatan-kegiatan yang ada di LTPM ini dengan sosialitas tinggi serta tujuan yang bermacam-macam.

     

    “Saya pikir, ini kesempatan untuk berkenalan sekaligus bertukar pikiran, introspeksi apa yang telah kita lakukan selama ini, menghadapi apa tantangan ke depan, dan solusi bagaimana sebaiknya kita mengelola kegiatan-kegiatan yang ada di LTPM ini dengan sosialitas tinggi serta tujuan yang bermacam-macam,” ujar Direktur DRTPM.

     

    Dalam hal ini, M Faiz menyatakan Transformasi Proses Bisnis dan Tata Kelola Program serta Rencana Kerja DRTPM ini bermakna bahwa para reviewer tidak harus menghilangkan dan merubah apa yang sudah ada, tetapi perlu membentuk atau menyusun kembali yang sudah ada, mempertahankan yang sudah baik, serta memperbaiki yang belum baik sehingga kedepannya diperlukan informasi mengenai tugas-tugas yang harus dilakukan di LTPM.

     

    “Kita mencari tahu tugas-tugas apa yang harus kita lakukan di LTPM ini, pesan-pesan apa saja yang pernah dilakukan, serta bagaimana persiapan untuk kedepannya sehingga pada kegiatan ini saya beri tema  mengenai transformasi,” jelas M Faiz.

     

    Disisi lain, rencana yang dapat dilakukan oleh reviewer ataupun LPPM Uhamka adalah mengetahui bagaimana proses pengabdian kepada masyarakat ini kedepannya dapat berjalan dengan baik dan mudah.

     

    “Rencana yang dapat dilakukan oleh reviewer ataupun LPPM Uhamka yakni mengetahui bagaimana kita dapat mempermudah kedepannya pengabdian kepada masyarakat,” tambah M Faiz.

     

    Dengan demikian, para reviewer merupakan tim yang selalu menerima koreksi serta feedback sehingga sangat dibutuhkan kerjasamanya.

     

    “Kita (reviewer) adalah tim, setiap koreksi perlu adanya feedback sehingga dimohon kerjasamanya dan kita semua harus bahagia selalu,” tutup M Faiz.


    Author

    Admin