BLANTERORBITv102

    Uhamka Siap Berkibar dan Semarakkan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48

    Jumat, 11 November 2022


    Penadigital.id
    - Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) selalu ikut serta menyemarakkan perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang rutin diadakan setiap lima tahunnya. Mulai dari tahun 2005, 2010, 2015, dan seharusnya diadakan pada tahun 2020 lalu, namun karena adanya pandemi Covid-19 acara Muktamar ini harus diundur dan baru akan diikuti lagi oleh Uhamka pada tahun ini yaitu 19-20 November 2022 di Surakarta.

     

    Acara Muktamar ini akan dihadiri langsung oleh para dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) serta didukung oleh para panitia dari berbagai divisi di lingkungan Uhamka yang juga ikut hadir sebagai penggembira Muktamar.

     

    Ahmad Subaki selaku ketua PDM DKI Jakarta sekaligus dosen Uhamka pernah ikut serta dalam acara Muktamar sebelumnya di Yogyakarta yakni sebagai penggembira. Ia mengatakan bahwa para penggembira dalam perhelatan Muktamar harus memastikan betul warga Muhammadiyah dan sekitarnya bergembira sehingga dalam hal ini Uhamka turut serta memfasilitasi berbagai kebutuhan transportasi, konsumsi, dan kebutuhan lainnya.

     

    Ia mengatakan bahwa Muktamar ini adalah kegiatan pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang sistem pemungutan suaranya dilakukan secara kolektif kolegial yakni sistem kepemimpinan yang dipilih secara musyawarah dalam mencapai mufakat dengan mengedepankan semangat kebersamaan.

     

    “Jadi pemilihan pimpinan di Muhammadiyah menggunakan sistem kolektif kolegial, tidak langsung memilih suara terbanyak melainkan memilih siapa yang siap mengemban amanah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang suaranya akan didengar oleh semua warga negara Indonesia," ujarnya.

     

    Dengan demikian, ia berharap acara Muktamar yang sudah berlangsung satu abad lebih ini dan melalui adanya berbagai pameran yang nanti ditampilkan akan terus mengibarkan nama Uhamka lebih luas lagi bahkan sampai mendunia.


    Author

    admin adp