BLANTERORBITv102

    Tugu Pelajar Pancasila diresmikan Pemerintah Provinsi Jabar sebagai Penghargaan di Hari Guru

    Sabtu, 26 November 2022


    Penadigital.id
    - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) meresmikan Tugu Sekolah Model Pelajar Pancasila Jabar Masagi di SMA Negeri 25 Bandung yang merupakan hadiah bagi guru Jawa Barat di Hari Guru yang jatuh pada 25 November 2022.

     

    "Tugu ini adalah bagian dari hadiah ulang tahun Hari Guru di Jawa Barat yang kita persembahkan. Setelah kegiatan ini, maka yang 13 tadi dari 16 Kantor Cabang Dinas Pendidikan itu menjadi percontohan di dinasnya. Dengan demikian, nanti akan dilakukan lagi hal yang sama secara berlanjut di kemudian hari," ujar Dedi Supandi selaku Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat.

     

    Rangkaian peringatan Hari Guru di Jawa Barat dimulai dengan peresmian Tugu Sekolah Model Pelajar Pancasila Jabar Masagi di SMA Negeri 25 Bandung. Masagi adalah filosofi Sunda yang singkat dan padat tetapi memiliki makna yang mendalam.

     

    Kegiatan Bertajuk “Niti Bukti Sakola Masagi dari Jawa Barat untuk Indonesia" ini dihadiri sekitar 1.500 peserta didik SMA/SMK/SLB dari 16 sekolah di Jabar.

     

    Peresmian tugu sebagai simbol pendidikan berkarakter di Jawa Barat tersebut langsung dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

     

    Dedi Supandi mengatakan tugu tersebut merupakan simbolisasi dari Jabar yang memiliki pelajar pancasilais atau berkarakter, mengingat Disdik Jawa Barat sudah meluncurkan beberapa program kaitan kurikulum Jabar masagi, di antaranya pendidikan anti korupsi, anti radikalisme, dan kurikulum mitra industri.

     

    "Pada saat itu disatukan, ternyata pembentukan karakter sangat dibutuhkan dalam rangka mengikat itu semua," ucap Dedi.

     

    Menurutnya, konsep pendidikan Jabar Masagi yang berkarakter lokal Jawa Barat harus dilakukan.

     

    Salah satunya terlihat dari kolaborasi 16 SMA/SMK dan SLB di Jabar secara gotong gorong setelah memenuhi pendidikan di kurikulum Jabar Masagi menampilkan pertunjukan dalam Festival Praktik Baik Kearifan dan Potensi Lokal.


    ADP/SAN


    Author

    admin adp