BLANTERORBITv102

    Pemberdayaan UMKM dengan Konsep Design Thinking oleh Dosen FKIP Uhamka di Cilengsi

    Rabu, 16 November 2022


    Penadigital.id - Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi (PEKOM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof HAMKA (Uhamka) Purnama Syaepurohman, dan Sugiono, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang menyasar pada usaha mikro kecil dan menengah yang tergabung dalam Komunitas Ramah Lingkungan (KRL) di Desa Cilengsi, Kecamatan Cilengsi, Kabupaten Bogor, (13/11).


    Pengabdian masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa aktif semester 7 dari Pendidikan Ekonomi FKIP Uhamka yang sedang mencari data dan observasi penelitian tugas akhir (tahap pra penelitian) yaitu Mega Syifa, Erika, dan Liya Khamidah. Turunnya mahasiswa dalam pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat wawasan tentang UMKM dan menambah literasi tentang kondisi terkini yang ada pada UMKM. Dengan demikian akan membuka perspektif bagaimana untuk meningkatkan UMKM sebagai ujung tombak pemberdayaan masyarakat.


    Materi yang disampaikan pada kegiatan penguatan UMKM terkait literasi finansial dan perizinan usaha. Purnama Syae Purrohman mengungkapkan bahwa literasi finansial menjadi penting mengingat sedang maraknya pinjaman dari lembaga keuangan yang ilegal, sehingga dapat menjerat UMKM dalam penderitaan finansial yang merugikan tingkat kesejahteraannya. 


    “Saya harap dari kegiatan ini, UMKM dapat membaca peluang permodalan dari lembaga keuangan yang resmi dan dapat melakukan pembukuan dengan baik, sehingga arus permodalan dan kas dapat tercatat dengan baik, serta para pelaku UMKM sudah dapat memisahkan mana keuangan usaha dan mana keuangan untuk kebutuhan pribadi, “ harap Purnama.


    Kemudian, materi selanjutnya tentang perizinan oleh Sugino, menurutnya sering adanya kekeliruan dalam menggunakan merk dagang dapat menjerat UMKM ke ranah hukum. 


    “Maka perlu diberikan edukasi tentang perizinan baik pengurusan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Sederhana, SIUP, Pengajuan Sertifikasi Halal dan BPOM. Saya harap UMKM sudah dapat go internasional dengan lengkapnya syarat administrasi yang dimiliki oleh UMKM,” ujar Sugiono.


    Author

    Admin