BLANTERORBITv102

    Komnas HAM: Penguatan Pendidikan HAM Penting bagi Polisi

    Selasa, 04 Oktober 2022


    Penadigital.id
     - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) berupaya meningkatkan kerjasama pendidikan dan pelatihan HAM untuk anggota Polri. Hal ini sebagai komitmen Komnas HAM dan Polri sebagaimana tertera dalam nota kesepahaman kedua lembaga.


    Aries Wahyudi, Plt Sekretaris Jenderal pimpinan Komnas HAM baru saja melakukan pertemuan kerja sama di Jakarta Selatan dengan Irjen Pol Eko Budi Sampurna, Wakil Kepala Lemdiklat Polri. Ia menegaskan pentingnya kerjasama pendidikan HAM untuk Polri agar memiliki empati pada HAM.

     

    "Pendidikan HAM menjadi arahan Komnas HAM untuk mendorong pencapaian tujuannya yaitu mengembangkan kondisi yang kondusif dalam pelaksanaan HAM," ujarnya.

     

    Mimin Dwi Hartono, Plt Kabiro Dukungan Pemajuan HAM Komnas HAM mengatakan usulan kerjasama pelatihan tentang hak berekspresi dan keamanan jurnalis kepada Polri. Hal ini dilakukan dengan bekerja sama dengan UNESCO.

     

    "Kami juga mengusulkan pembahasan nota Perjanjian kerjasama agar Komnas HAM bisa berperan dalam pendidikan Polri mulai dari awal yaitu penyusunan kurikukum. Di dalamnya, akan memproses Standar Norma dan Pengaturan yang disusun Komnas HAM," tuturnya.

     

    Irjen Eko menyambut baik dan terbuka untuk bekerja sama dalam pelatihan hak berekspresi. Bahkan, Komnas HAM diberikan kesempatan masuk dalam tim penyusunan kurikulum Lemdiklat untuk diterapkan pada 2023.

     

    "Kami menyambut baik karena tantangan Polri sangat tinggi, dimana pendidikan bagi tamtama dan bintara saat ini hanya berlangsung selama lima bulan. Padahal mereka memiliki kewenangan yang besar sehingga harus dibekali dengan pemahaman dan empati yang baik," tegasnya.

     

    Komnas HAM menyambut positif tawaran dari Irjen Eko kemudian akan menyiapkan tim penyusun kurikulum HAM. Selanjutnya, Komnas HAM dan UNESCO akan menyusun materi pelatihan yang atraktif dan menarik sehingga mampu diresapi dan dilaksanakan oleh setiap anggota Polri," tambah Mimin.


    \ADP/SAN


    Author

    admin adp