BLANTERORBITv102

    Dandim 0726 Gelar Pendidikan dan Latihan Khusus Wawasan Kebangsaan

    Rabu, 26 Oktober 2022


    Penadigital.id 
    - Slamet Riyadi selaku Dandim 0726 Sukoharjo mengatakan, bertindak sebagai Irup dalam upacara Pembukaan, di Dukuh Karangwuni Desa Karangwuni Kecamatan Weru, Sabtu (22/10).

     

    Adapun peserta upacara terdiri dari para peserta Pendidikan dan Latihan Khusus Wawasan Kebangsaan pada yayasan Gerbang Paramuda Nusantara. Kegiatan ini didahului dengan penyambutan Dandim dengan tandu menuju transit rumah Habib Asyhari.

     

    Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Diklat Wasbang Generasi Muda Gerbang Paramuda Nusantara Tahun 2022 dengan mengajak generasi muda untuk mencintai tanah airnya.

     

    “Dalam hal ini, sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai negara bangsa yang berdaulat, tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat, mulai dari prajurit TNI, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, serta komponen masyarakat lainnya. Mereka telah berjuang serta mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah air dari para penjajah. Sejarah juga menunjukkan kepada kita semua bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara," tuturnya.

     

    Selain itu, ia mengatakan bahwa tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa saat ini adalah panggilan bagi kita semua untuk melaksanakan bela negara. Semua anak bangsa harus tergerak untuk membela negara sesuai dengan ladang pengabdiannya masing-masing.

     

    “Panggilan untuk bela negara bisa dilakukan oleh setiap warga negara seperti seorang guru, seorang bidan, tenaga kesehatan, petani, buruh, profesional, pegawai negeri sipil, pedagang, serta profesi lainnya. Bela Negara bisa dilakukan melalui pengabdian profesi di berbagai bidang kehidupan masing-masing kesadaran bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan," lanjutnya.

     

    Pandri Prabowo selaku Ketua Panitia mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menanamkan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 kepada generasi muda.


    ADP/SAN


    Author

    admin adp