BLANTERORBITv102

    Ancaman Phising Mengintai Perguruan Tinggi di Indonesia

    Senin, 12 September 2022


    Penadigital.id - Saat ini Indonesia digegerkan dengan kasus kebocoran data pribadi yang terjadi di kalangan masyarakat. Begitu pun dalam bidang pendidikan dimana serangan Pusing kini mulai menghantui universitas dengan mencuri riset hingga data pribadi manusia.


    Temuan ini ditemukan oleh pakar keamanan Kaspersky yaitu Olga Svistunova yang mengungkapkan bahwa pelaku kejahatan sumber dapat memengaruhi mahasiswa untuk menyebarkan data pribadi yang mana hal itu berpotensi bahaya bagi si mahasiswa.


    "Pergerakan ke arah digital learning memang merupakan hal yang baik. Tapi dapat meningkatkan resiko spektrum ancaman bagi mahasiswa. Kejahatan sumber ini tekniknya memang memikat mahasiswa agar memberikan identitas pribadi mereka sehingga ini potensi membahayakan," ujarnya, Minggu (11/9).


    Ia melanjutkan bahwa cyber crime sering menggunakan institusi pendidikan terkenal untuk menarik perhatian agar dapat mendistribusikan halaman phising.


    Di lain hal, pemerintah dan perusahaan kerap membeli riset penelitian dari perguruan tinggi lain sehingga data sensitif milik perguruan tinggi tersebut menajdi hal yang menarik bagi pelaku kejahatan sumber.

    DYL


    Author

    ADMIN DYL