BLANTERORBITv102

    Akselerasi Pembangunan dalam Sektor Pendidikan Butuh Transparasi

    Rabu, 28 September 2022



    Penadigital.id Dukungan sangat di perlukan pada tujuan mempercepat pengembangan pendidikan nasional ke arah yang lebih baik. Bagaimanapun Akselerasi pembangunan sektor pendidikan sangat dibutuhkan.

     

    “Di tengah berbagai perubahan yang terjadi saat ini, upaya untuk meningkatkan daya adaptasi dan mengakselerasi pembangunan sektor pendidikan sangat dibutuhkan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/9).

     

    Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) dalam forum internasional di New York, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki tim khusus dalam rangka menyukseskan program-program Kemendikbudristek.

     

    Sejumlah kalangan juga mempermasalahkan keberadaan tim khusus tersebut yang dikhawatirkan akan menimbulkan tumpang tindih peran dengan birokrasi yang sudah ada.

     

    Mendikbudristek mengungkapkan tim yang beranggotakan 400 orang GovTech Edu itu adalah vendor yang dikontrak Kemendikbudristek.

     

    Menurut Mendikbudristek, tim tersebut dapat menyampaikan dan mendiskusikan berbagai pendapat dengan pejabat-pejabat kementerian.

     

    Menurut Lestari, diperlukan transparasi yang harus dilalui dalam upaya mengakselerasi pembangunan pendidikan nasional

     

    Rerie, sapaan akrab Lestari mengatakan, agar dapat menemukan kepemahaman yang sama terhadap upaya yang dilakukan diharapkan Mendikbudristek bisa menyosialisasikan tugas dan fungsi tim khusus tersebut kepada para pemangku kepentingan.

     

    Rerie juga menjelaskan, bahwa anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, membutuhkan dukungan dari semua pihak, dalam upaya mengakselerasi pembangunan sektor pendidikan nasional.

     

    Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menambahkan para pemangku kepentingan dan masyarakat perlu memahami pengembangan pendidikan nasional yang diterapkan oleh Pemerintah, sehingga dukungan yang diharapkan bisa sepenuhnya didapat.

     

    “Upaya beradaptasi dan mengakselerasi pembangunan pendidikan nasional, harus benar-benar terwujud mengingat sektor pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang dibutuhkan bangsa ini untuk meningkatkan daya saing agar mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa di dunia.” tegas Rerie.

    DYL_RPH


    Author

    ADMIN DYL