BLANTERORBITv102

    Bangun Ide Wirausaha Muda di Era Digital, PK2M Adakan Seminar Nasional

    Sabtu, 02 Juli 2022


    Penadigital.id
    Pusat Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (PK2M) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar Seminar Nasional dengan tema Membangun Ide Wirausaha Muda Di Era Digital. Seminar ini dilaksanakan melalui platform daring Zoom Meeting, Sabtu (2/7).

     

    Pada seminar tersebut, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) akan menjadi keynote speaker dengan memberikan konfirmasinya.

     

    Narasumber yang akan mewarnai seminar ini yaitu Sarman Simanjorang selaku Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri, Lelly Qodariah selaku Wakil Rektor III Uhamka dan segenap stakeholder serta para mahasiswa di seluruh Indonesia khususnya Uhamka.

     

    Seminar nasional ini ditujukan untuk mengembangkan ide kreatif kaum muda dalam berwirausaha di era digital. Dan juga membahas mengenai penguatan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bidang kewirausahaan di Era Teknologi Industri.

     

    Eko Digdoyo selaku Ketua PK2M Uhamka mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk menambah relasi akademik dan relasi industri dengan menghadirkan pakar interpreuner.

     

    Dilain pihak, Lelly Qodariah selaku Warek III Uhamka meyakini bahwa seminar ini tentunya memberikan semangat, inspirasi, dan penghargaan untuk mahasiswa yang menjadi aktivis kewirausahaan serta mengembangkan keilmuan.

     

    Ia berharap seminar kewirausahaan ini akan mempermudah, mengasah potensi, dan meluaskan wawasan yang dimiliki peserta.

     

    "Saya berharap peserta akan mendapatkan wawasan yang luas dari para narasumber. Semoga Kita akan terinspirasi atas pengalaman dari narasumber. Kemudian kita niatkan untuk mengaplikasikannya," ucap Lelly.

     

    Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa sumber daya manusia harus memiliki karakteristik yang inovatif, berani mengambil risiko, adaptif, serta memiliki softskill dan kolaborasi serta prinsip 4 AS (kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas).

     

    "Dengan semangat 3G (Gercep, Geber, Gaspol) kami mengharapkan dukungan sekaligus mengajak Uhamka untuk fastabiqul Khoirot dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X untuk bersama-sama berperan aktif dalam pemulihan ekonomi Indonesia melalui sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ucap Sandiaga Uno.

     

    Sarman Simanjorang dalam materinya menyatakan bahwa Paradigma yang harus dibangun mahasiswa adalah menjadi wirausaha, agar dapat membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan ekonomi di Indonesia.

     

    “Saat ini ekonomi Indonesia kembali tumbuh dan berkembang pasca pandemi. Namun tingkat pengangguran masih tinggi. Maka saat ini paradigma baru dari mahasiswa, ketika mereka lulus tidak cari pekerjaan tapi jadilah pengusaha agar bisa membuka lapangan kerja baru dan mampu meningkatkan ekonomi kita,” tutur Sarman.

     

    Lelly Qodariah mewakilkan Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyampaikan, Uhamka sebagai kampus unggul terus mendorong keaktifan mahasiswa untuk berperan aktif menguatkan paradigma-paradigma tersebut. Uhamka melakukan pembinaan, pengembangan wawasan, dan mendorong Hamka Muda untuk menjadi pelopor-pelopor pendiri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdepan di Indonesia.

     

    “Uhamka telah mengimplementasikan jiwa kewirausahaan mahasiswa melalui kurikulum yang diterapkan di setiap program studi di Uhamka, karena wirausaha berperan dalam mengembangkan enterpreneurship kedepannya. Uhamka melakukan pembinaan, pengembangan wawasan, dan mendorong Hamka Muda untuk menjadi pelopor-pelopor pendiri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdepan di Indonesia,” sampai Lelly Qodariah.

    Author

    admin adp