BLANTERORBITv102

    Wakil Ketua MPR RI: SDM Tangguh Diciptakan dari Pembangunan Pendidikan Nasional

    Selasa, 14 Juni 2022


    Penadigital.id - Lestari Moerdijat selaku Wakil Ketua MPR RI mengatakan bahwa upaya membangun sektor pendidikan nasional perlu dilakukan secara menyeluruh untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu berdaya saing.

    Menurutnya, keterlibatan semua pihak yang kompeten pada pengembangan SDM akan mengakselerasi pencapaian pembangunan di sektor pendidikan nasional.


    “Penyempurnaan pada sistem pendidikan nasional ini harus dapat berupaya meningkatkan kualitas sejumlah sektor lainnya, seperti peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, hingga perbaikan tata kelola dan kualitas tenaga pengajar,” kata Lestari Moerdijat.


    Lestari yang akrab dipanggil Rerie itu menilai problematika yang sedang dihadapi sektor pendidikan saat ini sangat rumit. Mulai dari sisi yang belum memadainya, sistem pendidikan, sampai kapasitas SDM seperti tenaga pengajar dan infrastruktur pendidikan.


    Rerie menyampaikan kemampuan tiap daerah yang berbeda dalam pengelolaan sektor pendidikan semakin bertambah kompleks. Ia menyebut hasil dari Asesmen Nasional (AN) yang baru rilis di tahun 2021 bulan April lalu memperlihatkan hal yang cukup mengejutkan.


    Ia pun optimistis dengan keterlibatan masyarakat dan sektor swasta untuk pembangunan sektor pendidikan yang mampu menciptakan SDM berdaya saing dan berkarakter dapat menjadi salah satu upaya mencapai target-target penting pada sektor pendidikan nasional.

    DYL

     


    Author

    ADMIN DYL