BLANTERORBITv102

    Mahasiswa FEB Uhamka Ikuti Perkuliahan Modul Nusantara Mahasiswa Merdeka di Universitas Asahan

    Selasa, 25 Januari 2022
    Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan suatu kebijakan dari kemendikbud ristek yang di dalamnya terdapat beberapa program penunjang pembelajaran mahasiswa Indonesia, salah satunya yaitu program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM DN). Salah satu mahasiswa UHAMKA program studi Ekonomi Islma, Febriyanti Nurhaspsari bersama dengan 9 mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai Universitas di pulau Jawa sedang melaksanakan program PMM-DN 2021 yang ditempatkan di Universitas Asahan di Kab. Asahan, Sumatra Utara. Program pertukaran terrsebut dilaksanakan bukan hanya kegiatan belajar di kampus, namun juga terdapat kegiatan bernama Modul Nusantara dengan beban 2 sks yang di dalamnya terdapat bidang kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.
    Pada bidang kebhinekaan sendiri dilakssanakan dengan kegiatan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah atau wista yang ada di Kab. Asahan dan sekitarnya dengan harapan mahasiswa pertukaran dapat mengenal budaya dan keindahan tempat bersejarah ataupun tempat wosatadi tempat mereka melakukan pertukaran.
    Kali ini, mahasiswa UHMAKA melaksanakan Modul Nsantara terakhir dengan melakukan perjalanan tiga hari dua malam ke Berastagi dan Parapat. Pada kunjungan ke Berastagi, mahasiswa berkunjung ke tempat wisata Taman Alam Lumbini yang merupakan Replika Pagoda Diarsipkan di Wayback Machine, Myanmar. Taman dengan luas kawasan kurang lebih 3 hektar terletak di komplek International Buddhis Centre - Taman Alam Lumbini tepatnya di Desa Dolat Rayat, Kota Brastagi, Sumatera Utara. Taman ini dipusatkan sebagai tempat peribadatan dan wisata religi agama Budha. Secara keseluruhan taman yang dikenal dengan nama pagoda emas ini masuk ke dalam museum rekor Indonesia sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dan merupakan replika tertinggi kedua di Asia Tenggara. Bangunan dengan tinggi 46,8 meter, panjang 68 meter, lebar 68 meter ini menjadi salah satu replika Pagoda Shwedagon terbesar di luar Negara Myanmar.
    Sebagai kenang-kenangan untuk kami para mahasiswa pertukaran dan dosen Modul Nusantara, maka kami mengabadikan momen dengan berfotto bersama menggunakan pakaian traditional Korea Selatan, kami berharap setiap kegiatan kami pada Modul Nusantara bisa diabadikan sehingga teringat ketika kami sudah berpisah. Dalam foto tersebut terdapat 10 mahasiswa pertukaran yang berasal dari UHAMKA, UKI, UNIKA Atma Jaya, Univ Majalengka, UMM, Unmer, dan UNEJ beserta dosen Modul Nusantara UNA Pak Deddy Wahyudin Purba juga mentor Modul Nusantara Pak Anaz.
    Setelah kegiatan Modul Nusantara yang terakhir ini, tersisa kegiatan modul Nusantara bidang refleksi, inspirasi, dan konstribusi sosial yang harus diselesaikan sebelum kami kembali ke Pulau Jawa melanjutkan kegiatan belajar kami di kampus masing-maisng.