BLANTERORBITv102

    Ciptakan SDM Berkualitas, Uhamka Bangun Sinergitas Bersama BUMN

    Kamis, 20 Januari 2022

    Penadigital.id
    - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar kuliah umum dengan tema Sinergitas Pendidikan dalam Menguatkan Perilaku Ketahanan Sosial Ekonomi di Era New Normal pada Kamis (20/1) di Aula AR Fachrudin FEB Uhamka.

    Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Prof. Gunawan Suryoputro, Rektor Uhamka, Prof. Dadang Kahmad, Ketua Badan Pengurus Harian Uhamka, dan Erick Thohir, Menteri BUMN Indonesia selaku pengisi materi pada kegiatan ini, serta civitas akademik yang telah hadir.

    Digelarnya kegiatan ini sebagai upaya Uhamka dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dengan memiliki pemahaman terkait Knowladge Base Economi dan sejalan dengan apa yang sudah dicanangkan pemerintah terkait peningkatan ekonomi Indonesia.

    “ Uhamka saat ini memiliki jumlah mahasiswa 21 ribu yang terletak di 8 kampus, 9 fakultas, 1 sekolah pasca sarjana. Dan tentunya bagi uhamka ingin sekali melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki pemahaman Knowladge Base Economy serta memiliki tingkat kekuatan SDM yang tinggi dengan skill dan kemampuan digital yang kuat,” ungkap Prof Gunawan.

    Selain itu, kegiatan ini pun sebagai wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kreativitasnya khususnya dalam bidang ekonomi. Seperti yang sudah dilakukan beberapa mahasiswa Uhamka dengan membangun Start-up dengan bidangnya masing-masing, yakni Rata Pangan, Garasi, Reylie.

    “ Saat ini dunia pendidikan sedang terdistraksi pandemi dan mengubah cara belajar begitu pula memunculkan dunia baru yang sama-sama kita ketahui, yakni muncul di dunia maya yang disebut dengan metaverse. Untuk merespon hal-hal tersebut uhamka memulai dan akan melaunching Start- Up yang didirikan oleh mahasiswa Uhamka pada hari ini oleh Pak Menteri. Sudah ada beberapa program Start-Up yakni Reylie, Garasi, rata Pangan,” tambah Prof Gunawan.

    Sejalan hal tersebut Erick Thohir juga menyampaikan bahwa kita harus mulai membuka strategi besar dan pikiran kita yang sekarang dikenal dengan sebutan Knowladge Base Economy, yakni petumbuhan eknomi berdasarkan pada manusianya yang bisa menciptakan inovasi dan terobosan sehingga pertumbuhan ekonomi terus terjadi.

    “Kita memerlukan Skill Base Economy, 17 setengah juta tenaga kerja yang melek teknologi, dan pengusaha baru yang mengerti teknologi. Pemerintah juga terus menggalakkan pembangunan infrastruktur karena hal tersebut merupakan logistik dalam memajukan ekonomi Indonesia,” jelas Erick Thohir.

    Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya kampus yang mengusung visi menjadi prophetic teaching university yang mencerdaskan secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial untuk mewujudkan peradaban berkemajuan dapat mencetak lulusan yang berkualitas dengan menjunjung tinggi nilai siddiq, tabligh, amanah, dan fathanah yang tentunya untuk indonesia berkemajuan dan sejahtera.


    Author

    ADMIN DYL